JATAM Pusat Bangun Kolaborasi Dorong Pertanian Organik dan Berkelanjutan di Majalengka

Source: Suaramuhammadiyah.id

InfoMJLK.id -- Dalam sebuah saresehan yang dihelat di Balai Desa Lengkong Wetan, Majalengka pada Sabtu (11/5/2024), Jamah Tani Muhammadiyah (JATAM) bersama Lazismu Jawa Barat menyepakati langkah-langkah strategis untuk meningkatkan pertanian organik dan berkelanjutan di wilayah tersebut. 

Dengan menghimpun pemikiran para ahli dan pemangku kepentingan pertanian, pertemuan tersebut menjadi momentum diskusi penting bagi pengembangan pertanian yang ramah lingkungan dan mengedepankan kesejahteraan petani. 

Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Majalengka, Rahman Hakim, melalui Kabar MPM mengatakan bahwa pemberdayaan petani secara kolaboratif saat ini memiliki urgensi tersendiri. 

Sementara itu, Ketua Jatam Pusat, Hadi Sutrisno menuturkan bahwa jihad petani dalam memproduksi komoditas pangan yang halal dan thayyib merupakan fokus utama dari JATAM saat ini. 

Sejalan dengan Dewan Pakar MPM PP Muhammadiyah, Syafi'i Latuconsina yang menekankan pentingnya pengembangan pertanian organik untuk mendukung fokus utama JATAM tersebut. 

Diskusi tersebut mencapai kesepakatan untuk menciptakan kolaborasi antara Lazismu Jawa Barat dan JATAM di Majalengka, dengan fokus pada proyek strategis seperti kegiatan Tani Bangkit. 

Kolaborasi antara JATAM dan Lazismu di Majalengka bukan hanya tentang pembentukan demplot pertanian organik, tetapi juga tentang semangat kolaboratif untuk memecahkan masalah-masalah dalam pertanian. 

Perwakilan dari kelompok Kuwu Lengkong Wetan, Enda Sukandi menuturkan bahwa mereka berharap dapat memperkuat kekuatan tawar petani, meningkatkan akses terhadap teknologi pertanian yang lebih baik, dan memperjuangkan kepentingan bersama dalam kebijakan pertanian.

Post a Comment

0 Comments