9 Negara Menentang Palestina Jadi Anggota Penuh PBB, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Source:AFP/AngelaWaiss

InfoMJLK.id -- Sembilan negara anggota PBB pada hari Jumat memberikan suara menentang dukungan terhadap upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh di badan dunia tersebut. Tetangga Indonesia, Papua Nugini, menjadi bagian dari sembilan negara tersebut. 

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengatakan Indonesia menjadi co-sponsor resolusi upaya Palestina menjadi anggota penuh PBB. 143 negara mendukung, 9 menolak, dan 25 abstain. 

Mesi demikian, menurut Kemlu, Sidang Majelis Umum (SMU) PBB mengesahkan resolusi yang memberikan hak-hak istimewa bagi Palestina di PBB. 

Kecuali hak voting, Palestina memiliki hak dan kewenangan sama dengan anggota PBB lainnya. Keberhasilan ini sebuah terobosan bagi kesetaraan hak bangsa Palestina di tengah bangsa dunia. 

Berikut 9 Negara yang Menentang Palestina Jadi Anggota Penuh PBB: 

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS), sekutu terkuat Israel di PBB, sebelumnya telah menyatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan memberikan suara menentang resolusi tersebut di Majelis Umum PBB. 

2. Israel

Israel secara konsisten memberikan suara menentang keanggotaan penuh Palestina di PBB. 

3. Republik Ceko

Republik Ceko secara historis memang lebih pro-Israel dan pro-AS. 

4. Hongaria

Selain Republik Ceko, Hongaria adalah salah satu sekutu terdekat Israel di Eropa. 

5. Argentina

Argentina secara historis memiliki hubungan yang kuat dengan Israel dan negara-negara Arab. 

6. Mikronesia

7. Papua Nugini

8. Palau

9. Nauru

Mikronesia, Nauru, dan Palau merupakan negara kepulauan kecil di Pasifik dan secara historis memiliki kesamaan suara dengan Amerika Serikat.

Post a Comment

0 Comments