Meskipun Pemandangan Panyaweuyan Sedang Hijau Kunjungan Wisatawan Alami Penurunan, Ini Kata Pengelola

Source: infomjlk.id

InfoMJLK.id -- Kunjungan wisatawan ke objek wisata Terasering Panyaweuyan di Kabupaten Majalengka, selama libur Lebaran 2024 mengalami penurunan. Penurunan jumlah pengunjung bahkan mencapai 40%. 

Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Majalengka, jumlah pengunjung Terasering Panyaweuyan pada libur Lebaran 2023 mencapai 6084 orang. Namun, pada libur Lebaran tahun ini jumlah pengunjung diperkirakan hanya mencapai 3600-an orang, sehingga menurun 2400-an orang dibanding periode yang sama pada tahun lalu. 

Padahal, saat ini areal perbukitan yang ditanami bawang di obyek wisata Terasering Panyaweuyan sedang menampakkan keindahannya. Sejauh

mata memandang tampak hamparan hijau lahan bawang milik warga di kawasan Terasering Panyaweuyan yang memanjakan mata para pengunjung. 

Menurut Mulyadi, pengelola obyek wisata Terasering Panyaweuyan, salah satu penyebab menurunnya kunjungan wisatawan saat libur lebaran kali ini adalah banyaknya objek wisata baru bermunculan yang membuat Terasering Panyaweuyan menjadi tampak biasa saja. 

"Keberadaan destinasi wisata baru mungkin membuat masyarakat menganggap Terasering Panyaweuyan menjadi sesuatu yang biasa saja," ujar Mulyadi kepada tribunjabar.id 

Hal itu membuat wisatawan memilih berkunjung ke sejumlah destinasi wisata baru, sehingga jumlah pengunjung Terasering Panyaweuyan menurun. 

Pihak pengelola mengaku tak mempermasalahkan penurunan jumlah pengunjung Terasering Panyaweuyan dibanding periode libur Lebaran tahun lalu. Mereka tetap bersyukur pengunjung Terasering Panyaweuyan pada libur Lebaran kali ini meningkat dibanding rata-rata jumlah wisatawan di hari biasa yang mencapai 500-an orang perhari. 

"Kami berharap, kunjungan wisatawan pada hari biasa, weekday maupun weekend meningkat ke depannya meski di momen libur Lebaran tahun ini ada penurunan dibanding tahun lalu," pungkas Mulyadi.

Post a Comment

0 Comments