Inilah 6 Santapan Makanan Lebaran yang Selalu Ada dan Dapat Dibuat Sendiri

Source: Istockphoto.com by Ika Rahma

InfoMJLK.id -- Lebaran tiba, jangan sampai perut membesar. Biasa saat lebaran kan mata kita akan kalap dengan banyaknya hidangan aneka cemilan dan berbagai macam jenis makanan. Hidangan untuk lebaran nanti kebanyakannya ketupat dan itu merupakan makanan utama. Tapi ada juga makanan seperti nasi dan daging ayam atau daging sapi yang dihidangkan saat hari raya. Karena lebaran/hari raya idul fitri ini merupakan momen yang sangat special bagi umat muslim, ada banyak makanan juga yang disiapkan. Hidangan utamanya juga bermacam-macam. Dari pada bingung, mungkin rekomendasi ini bisa bantu kalian buat menentukan hidangan lebaran nanti. Yuk intip aja 7 hidangan lebaran yang gampang dibuat,


1. Opor ayam


Opor ayam sebenernya tidak hanya ada saat lebaran saja, namun makanan satu ini sangat oke ketika dinikmati dengan ketupat pada saat lebaran. Opor ayam sejenis masakan kari yang dipadukan dengan rempah-rempah dan juga taburan bawang goreng. Membuat rasanya semakin mantap.


2. Rendang


Tidak jauh berbeda, rendang juga banyak dijual di rumah makan nasi padang atau tempat makan lainnya. Di momen special ini rendang bisa diolah menjadi santapan utama banyak orang. Selain rasanya yang enak dan khas, cocok juga dibuat pada saat hari raya idul fitri. Bisa dimakan dengan ketupat ataupun nasi putih.


3. Sate ayam


Aneh nggak sih ada sate ayam saat lebaran? Oh tentu tidak. Walaupun sate ayam ini sangat umum dijual tapi jangan salah, sate ayam bisa menjadi hidangan utama saat lebaran nanti loh. Tidak begitu sulit untuk memasaknya. Atau juga bisa dengan pesan saja ke tukang sate yang ada jika memang mereka menerima orderan ya hehee. Tidak sedikit orang yang memberikan hidangn sate kepada tamu atau keluarganya dengan ketupat.


4. Sambal goreng ati


Sambal goreng hati bisa dibuat menggunakan petai atau kentang. Pastinya rasanya akan enak dan nikmat sekali tapi bagi yang suka petai. Jika tidak juga tak masalah, cukup campurkan dengan kentang atau hanya hati ayam saja juga cukup. Makanan ini cocok juga dihidangkan di hari raya idul fitri nanti ya teman-teman.


5. Lontong sayur


Lontong sayur juga menjadi menu andalan saat tiba lebaran. Sesuai namanya lontong sayur yang mana terdiri dari sayuran seperti jipang, wortel, kol, dan lainnya. Dipadukan dengan kuah santan dan lontong tentunya. Sungguh kombinasi yang cocok dengan sensasi lebaran yang penuh haru dan istimewa.


6. Semur daging


Jika ada rendang, maka ada pula semur daging di hari lebaran. Ya, betul semur daging juga menjadi ciri khas ketika lebaran tiba. Banyak orang yang memasak dan menghidangkannya di hari raya. Cocok dibuat dan dimakan bersama keluarga dan teman atau tamu.

Post a Comment

0 Comments