Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Waduk Jatigede Bakal Dibangun Mulai Tahun Ini

Source: kabar.sumedang.com

Infomjlk.id - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Jabar, akan segera membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Metropolitan Cirebon Raya, di kawasan Waduk Jatigede, wilayah Kabupaten Sumedang. 

SPAM Jatigede diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penyediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Jawa Barat, khususnya 5 kabupaten/kota di wilayah Cirebon raya seperti, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu. 

Berdasarkan hasil kajian, air baku dari Bendungan Jatigede ini diperkirakan memiliki kapasitas suplai air 1.500 liter/detik. 

Rencana pembangunan SPAM di Waduk Jatigede ini, disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perkim Jabar Indra Maha kepada media, saat melakukan kunjungan audensi dengan Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman, di Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), baru-baru ini. 

Hasil pertemuan tersebut, Pemkab Sumedang dan Perumda Air Minum Tirta Medal Sumedang, menyatakan bersedia untuk melanjutkan kesepakatan terkait tarif air minum dari proyek KPBU SPAM Regional Metropolitan Cirebon Raya sebesar Rp 3.390 per meter kubik. Harga pembelian air curah itu diberlakukan pada tahun 2029 setelah pelaksanaan kontruksi.

Post a Comment

0 Comments