Inilah 5 Provinsi dengan Utang Pinjol Terbesar, Tembus Rp16 Triliun! Apakah Jawa Barat Termasuk?

Source: Pinterest.com

INFOMJLK.ID - Pinjol saat ini sudah tidak asing lagi terdengar di masyarakat, "sekali terjerat, bunga tinggi bikin melarat". Itulah yang membuat para nasabah pinjol sulit melunasi utang-utangnya. 

Selain itu, kemudahan mengakses pinjol baik legal maupun ilegal kerap membuat calon nasabah pinjol akhirnya tergoda dan merasa ketergantungan. 

Lantas provinsi mana saja yang menduduki 5 besar provinsi dengan utang pinjol terbesar sepanjang tahun 2023? Berikut daftar lengkapnya. 

1. Jawa Barat

Diketahui bahwa provinsi pertama dengan utang pinjol terbesar sepanjang 2023 lalu ditempati oleh Jawa Barat. Dimana pada akhir tahun 2023 lalu, utang pinjol di Provinsi Jawa Barat sangat besar, tembus Rp16,59 triliun. 

2. DKI Jakarta

Untuk posisi kedua sebagai provinsi dengan utang pinjol terbesar sepanjang 2023 lalu ditempati oleh DKI Jakarta. Diketahui untuk jumlah utang pinjol Provinsi DKI Jakarta sendiri tak kalah besar oleh Jawa Barat yakni sebesar Rp11,24 triliun. 

3. Jawa Timur

Pada posisi ketiga sebagai provinsi dengan utang pinjol terbesar selanjutnya yakni ada Jawa Timur. Diketahui untuk besaran utang pinjol di Jawa Timur sendiri sangat tinggi yakni mencapai Rp7,42 triliun. 

4. Banten

Selanjutnya ada Banten yang menduduki posisi keempat sebagai provinsi dengan utang pinjol terbesar. Diketahui untuk jumlah utang pinjol di Banten sendiri juga sangat tinggi yakni tembus Rp5,03 triliun. 

5. Jawa Tengah

Terakhir sebagai provinsi dengan utang pinjol terbesar sepanjang 2023 lalu diduduki oleh Jawa Tengah. Dimana untuk besaran utang pinjol di Provinsi Jawa Tengah sendiri cukup besar yakni mencapai 4,65 triliun. 

Itulah dia 5 besar provinsi dengan utang pinjol terbesar dimana Jawa Barat menduduki posisi pertama dengan nilai Rp16 triliun.

Post a Comment

0 Comments