Hari Keempat Rapat Pleno Rekapitulasi di Kabupaten Majalengka Diwarnai Aksi Protes

Source: Detik.com

INFOMJLK.ID - Hari keempat rapat pleno rekapitulasi di Kabupaten Majalengka diwarnai aksi protes. Protes itu dipicu oleh dugaan adanya pergeseran suara di pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Majalengka. 

Menurut pantauan yang dilakukan oleh tim Detik Jabar di aula Hotel Putra Jaya pada Minggu (3/3/2024), rapat pleno tingkat kabupaten ini berlangsung cukup panas. Seorang caleg hingga saksi dari Partai Amanat Nasional (PAN) tampak naik pitam saat menyampaikan keresahannya. 

Mereka juga terdengar memaki sejumlah komisioner dan ketua Bawaslu Majalengka. Caleg DPRD Majalengka bernama Deny Lukmanul Hakim juga tampak emosional dan hampir melempar kursi. Namun untungnya, audiens yang dekat dengan Deny berhasil menahannya. 

Pasalnya, mereka geram karena Bawaslu telah menerima aduan soal dugaan pergeseran suara dari Caleg PAN bernama Aop Ropiki Iskandar. Dalam surat putusan Bawaslu, Aop melapor atas dugaan pergeseran suaranya yang dilimpahkan kepada Deny. Pergeseran suara itu diduga terjadi di wilayah Kecamatan Sukahaji. 

Diketahui, dua caleg PAN itu bersaing di daerah pemilihan (dapil) yang sama, yakni dapil Majalengka IV. Dapil Majalengka IV sendiri meliputi kecamatan Cigasong, Sukahaji, Sindang, Argapura, Maja, Banjaran dan Talaga. 

Saksi dari PAN berharap agar penyelenggara pemilu bersikap netral selama proses pesta demokrasi berlangsung. Dia meminta Bawaslu tidak pilih kasih. 

Dalam kesempatan tersebut juga ia meminta agar rapat pleno ditunda. Pasalnya permasalahan terkait hal tersebut belum menemukan titik terang. 

Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Majalengka Fauzi Akbar Rudiansyah menyampaikan, pelaporan yang dibuat oleh Aop sudah memenuhi syarat. 

Sementara itu, suasana panas juga tampak terjadi di luar aula hotel. Sejumlah massa yang dibawa Deny juga memprotes proses pleno pada hari itu. Namun dengan kesigapan para petugas keamanan, emosi massa berhasil diredam. 

Rapat pleno yang digelar pun resmi ditunda. KPU memastikan rapat akan kembali dilanjut hari berikutnya.

Post a Comment

0 Comments