Dunia Sahur dan Berbuka dengan Makanan yang Enak. Bagaimana Mereka Saudara Kita di Palestina Saat ini?

Source: Istockphoto.com by Boonyachoat

Infomjlk.id - Majalengka ada banyak sekali jajanan takjil untuk berbuka dan pastinya menu sahur juga ada buat kita. Mau apa aja bisa beli atau tinggal masak. Puasanya juga jadi semangat karena pas berbuka banyak takjil yang enak-enak. Tapi kalian sadar gak sih, kalian inget gak sih kalau kita tuh sebenernya masih punya saudara. Malah banyak banget saudara muslim seiman kita di luar sana. Gausah jauh-jauh, gimana yah kabar saudara kita di Palestina sekarang? Mereka menjalankan puasa di bulan Ramdhan kali ini makan apa ya? Di tahun ini adakah gorengan untuk berbuka? Adakah nasi untuk makan sahur? Adakah makanan enak yang mereka makan? Dan yang terakhir apakah mereka makan dan minum untuk sahur atau berbuka?

Oke kalau bilang, “gausah mikirin orang Palestina dulu, ini masyarakat kita di Indonesia aja susah gimana bisa mikir kesana!” Hey! Sesusahnya orang masih bisa minum air putih. Sesusahnya orang di Indonesia masih bisa dapat nasi atau mie dan banyak orang yang masih bisa bantu. Mereka, saudara kita disana apakah air minum pun ada? Apakah beras pun ada? Tidak! Semua hancur karena Israel. Semua diambil karena mereka. Bahkan banyak warga yang meninggal sampai saat ini! Di bulan suci yang penuh keberkahan ini, mereka masih harus terus waspada terhadap serangan Israel. Tidak ada masak dan kumpul bersama keluarga, tidak ada makanan atau minuman enak, tidak ada tempat tinggal yang hangat, dan untuk beribadah seperti shalat pun harus tetap mencari tempat yang aman. Bersyukurlah kita semua yang ada di dunia termasuk Indonesia masih terhindarkan dari perang atu genosida seperti ini.

Beryukurlah kita baraya, karena masih bisa makan dan minum meski hanya ada segelas air dan nasi putih tanpa ada apapun. Itu pun patut sangat disyukuri. Bersyukurlah jika kita mampu membeli banyak makanan enak, mampu shalat dengan nyaman, hidup dengan enak. Janganlah menyia-nyiakan kesempatan di bulan ramadhan ini untuk selalu berbuat kebaikan dan memperbanyak pahala. Ada banyak keberkahan yang akan didapat. Jangan lupakan mereka, saudara Palestina kita dengan terus memberikan doa ketika kita shalat. Jangan membuang makanan yang kita miliki hanya karena rasa atau kenyang. Cobalah untuk makan dengan secukupnya dan syukuri yang kita miliki. Pesan ini mungkin sebagai reminder untuk kita semua atau juga reminder untuk minfo sendiri.

Perbanyaklah berbagi dan bersedekah terhadap sesama, orang kita di Indonesia tanpa memandang apapun. Perbanyaklah ibadah ngaji dan shalat sunnah. Perbanyaklah berdoa untuk seluruh umat di dunia ini termasuk saudara kita di Palestina agar diberikan tempat terindah oleh Allah nantinya. Dan jangan lupa untuk selalu beryukur, mesyukuri apapun itu yang ada, yang kita miliki atau yang kita beli.

Post a Comment

0 Comments