Apa itu Godin? Istilah Populer yang Muncul Setahun Sekali Saat Bulan Puasa

Source: Finance.detik.com

Infomjlk.id - Godin adalah istilah populer yang muncul setahun sekali saat bulan puasa tiba. Godin sendiri merupakan kegiatan makan/minum ilegal di bulan puasa sebelum adzan maghrib tiba, dan sering disematkan kepada orang dewasa yang tidak mampu menahan godaan lengko, nasi padang, warteg, es cekek, dan nikmatnya ngaroko sambil ngopi di siang hari saat puasa. 

Sebagai kaula muda yang punya banyak teman pegodin handal, minfo jadi menelaah sendiri tentang asal-usul istilah tersebut. Ternyata tradisi batal puasa ini sebenarnya sudah ada sejak lama, cuma penyebutannya saja yang berbeda. 

Kalau zaman dulu ada istilah puasa ayakan (nu aya dihakan) "Aning puasa, tapi dahareun atau inuman nu aya dihakan". Artinya, orang yang berpuasa tapi tidak kuat menahan godaan dan akhirnya memakan atau meminum yang ada. 

Nah istilah godin pun sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya saja istilah ini populernya di zaman sekarang. Kata godin sendiri menurut minfo adalah pelesetan niat ketika mau berpuasa "Nawaitu shauma ghadin". Semacam satir atau sindirian untuk orang yang niat puasa tapi malah batal, kiranya seperti itu. Akhirnya, seiring berjalannya waktu, istilah tersebut jadi populer dan punya makna tersendiri.

Post a Comment

0 Comments