5 Minuman Terbaik Peningkat Imun Tubuh, Biar Tidak Mudah Sakit Menjelang Pancaroba

Source: Istockphoto.com

INFOMJLK.ID - Perlu baraya ketahui, ada banyak cara untuk bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun. Beberapa di antaranya seperti mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup dan berolahraga. 

Tidak hanya itu, beberapa minuman juga disebut bisa menjaga sistem imunitas tubuh agar tidak mudah sakit. Minuman yang kaya nutrisi seperti protein, vitamin A, C, dan E, serta zinc dibutuhkan untuk membuat sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. 

Berikut adalah beberapa minuman terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit versi rangkuman minfo. 

1. Air Putih

Buat baraya yang masih males minum air putih, dari sekarang banyak-banyak minum air putih deh! Karena faktanya tubuh kita mengandung sekitar 60-70% air, dan setiap fungsi tubuh memerlukan air, meminum air mineral dalam jumlah yang cukup adalah awal yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita agar tetap berfungsi. 

Air menopang sistem kekebalan tubuh dengan membantu penyerapan nutrisi dan menjaga selaput lendir di hidung, mulut, dan tenggorokan yang sering kali menjadi garis pertahanan pertama melawan patogen dan penghalang alami terhadap infeksi. Air juga merupakan komponen penting dari cairan limfatik, yang menghasilkan sel darah putih yang membantu melawan infeksi. 

2. Teh Hijau

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecules, teh hijau memperkuat kekebalan tubuh melalui antioksidan yang membantu melindungi sel dari oksidasi dan spesies oksigen reaktif. Teh hijau dianggap melindungi terhadap penyakit dan infeksi melalui kapasitas antioksidannya. 

Selain itu, kandungan polifenol flavonoid dalam teh hijau dapat memberikan segudang manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu hingga mengatasi peradangan sistemik. 

3. Teh Jahe Lemon

Teh herbal ini merupakan pilihan yang tepat untuk membantu menjaga kekebalan tubuh kita. Teh ini dibuat dengan menggabungkan parutan jahe dan jus lemon ke dalam air panas. 

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioksidan, teh jahe lemon kaya akan vitamin C, antioksidan yang dikenal membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Vitamin C juga memberikan sifat anti-inflamasi dan membantu menolak respons imun negatif. 

Jahe juga memiliki lebih dari 100 senyawa bioaktif yang bisa membantu menangkis mual, mengurangi risiko kanker tertentu, meningkatkan lipid darah, serta mengurangi peradangan dan masih banyak lagi. 

4. Jus Jeruk Murni

Jus jeruk sering menjadi obat atau minuman pilihan saat pilek atau flu. Faktanya, terdapat dukungan ilmiah yang signifikan yang menganjurkan meminum jus jeruk untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Immunology, vitamin C dan folat dalam jus jeruk bisa menjaga integritas pertahanan kekebalan dan melindungi banyak jenis sel kekebalan, termasuk sel pembunuh alami dan sel T. Terlebih lagi, senyawa bioaktif pada jeruk memiliki efek anti inflamasi yang bisa mendukung kekebalan tubuh. 

5. Jus Tomat

Sama seperti buah jeruk, tomat kaya akan vitamin C serta likopen, antioksidan karotenoid bermanfaat dan memiliki banyak khasiat yang bisa meningkatkan kesehatan dan dikenal membantu meredakan peradangan sistemik. 

Jus tomat sering direkomendasikan saat sedang pilek atau flu karena kandungan vitamin C-nya.

Post a Comment

0 Comments