Tips Hemat Agar Tidak Sengsara di Akhir Bulan

Source: Istockphoto.com by wundervisuals

Infomjlk.id - Siapa nih disini yang sukanya makan aja. Kerjaannya tiada hari tanpa makan dan ngemil yang banyak. Siapa juga nih yang perutnya karet. Orang-orang biasanya mudah menghabiskan uangnya untuk makanan. Namun juga ada beberapa yang senang untuk belanja/shopping. Awal bulan merupakan hal yang ditunggu banyak orang. Karena biasanya awal bulan merupakan masa dimana hasil dari kita bekerja sudah didapat dan waktunya untuk self reward. Yang jadi masalah ialah senang diawal namun sakit diakhir. Oleh sebab itu penting untuk memanage keuangan terutama ketika akhir bulan nanti. Ada beberapa tips yang dapat dicoba agar kita tidak gigit jari di akhir bulan, yaitu:

1. Manfaatkan Promo dan Diskon

Sebagai seseorang yang bekerja untuk diri sendiri atau untuk keluarga, promo dan diskon ini menjadi salah satu cara untuk menekan pengeluaran. Hal ini bisa dilakukan dari awal hingga akhir bulan. Terutama saat menjelang akhir bulan orang-orang harus pandai menghitung harga barang atau makanan yang dibelinya. Biasanya mahasiswa nih yang beginian ahahaa.

2. Prioritaskan Kebutuhan Mendasar

Kebutuhan mendasar yang dimaksud seperti bahan pokok telur, mie, minyak goreng, atau bahan pokok dasar mendasar lainnya. Kebutuhan itu tentu bisa kita stok dari awal atau saat pertangahan bulan. Sehingga saat menjelang akhir bulan masih ada stok makanan yang bisa dimakan tanpa harus mengeluarkan uang lagi. Lalu juga kebutuhan mendasar seperti pembayaran air, listrik, atau hal lainnya. Utamakan itu terlebih dahulu.

3. Batasi Belanja atau Makan Diluar

Tidak jauh berbeda dengan promo dan kebutuhan mendasar, membatasi ini bermaksud untuk menekan pengeluaran. Contohnya masak dirumah, kurangi belanja yang dirasa tidak begitu urgent, dan tahan nafsu untuk membeli apapun yang pada akhirnya dapat membuat diri sendiri menyesal. Jangan sering-sering ngemall deh nanti malah laper mata hihihi.

4. Cari Kegiatan/Hiburan/Area rekreasi yang Minim Budget atau Bahkan Gratis

Bahagia tidak perlu mengeluarkan uang banyak ya. Masih ada tempat hibutan atau kegiatan yang dapat kita lakukan dan datangi tanpa harus mengeluarkan uang yang besar. Cobalah untuk menahan nafsu berkeliaran atau pilihlah tempat dan teman secara selektif menjelang akhir bulan agar tidak sengsara hahaha.

Post a Comment

0 Comments