Peringatan Hari Pers Nasional 2024: Menjaga Keutuhan Bangsa dalam Transisi Kepemimpinan Nasional

Source: Istockphoto.com Kanawa_Studio

INFOMJLK.ID - Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap tanggal 9 Februari setiap tahunnya. Di tahun 2024, Hari Pers Nasional akan dilaksanakan di Jakarta. 

Puncak peringatan Hari Pers Nasional sendiri dimundurkan pada tanggal 20 Februari 2024 disebabkan gelaran Pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) pada tanggal 14 Februari. 

Sebelum puncak peringatan HPN pada tanggal 20, peringatan HPN 2024 akan diawali dengan pelaksanaan Seminar bertajuk “Masa Depan Ibukota IKN pada tanggal 18 Februari 2024". 

Sebagai informasi, Hari Pers Nasional tahun 2024 yang bertema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”. Dipilih dalam rangka pesta demokrasi dalam suasana Pemilu 2024. Hal ini dimaksudkan agar insan pers tetap menjaga keutuhan bangsa di tengah kegaduhan situasi politik yang terjadi. 

Hari Pers Nasional berangkat dari terbentuknya PWI. Keputusan ini kemudian ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985. 

PWI merupakan organisasi wartawan pertama di Indonesia. PWI berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta. 

Tujuan dibentuknya PWI adalah untuk mengumpulkan seluruh insan pers di Indonesia pada kala itu dalam satu wadah.

Post a Comment

0 Comments