Kita Negara Agraris, Ko Bisa Harga Beras Naik Begitu Tinggi?

Source: Tirto.id

INFOMJLK.ID - Pedagang pasar dan pengamat pertanian menyebut kenaikan harga beras yang terjadi sejak empat bulan terakhir hingga menyentuh harga Rp.14.000 per kilogram untuk beras medium, dan Rp.18.000 per kilogram untuk beras premium adalah yang "tertinggi dalam sejarah". 

Akibatnya ratusan warga di berbagai daerah termasuk di Majalengka rela antre berjam-jam demi bisa mendapatkan beras dan pangan murah yang digelar pemerintah lewat operasi pasar. 

Beberapa ahli mengatakan, salah satu penyebab kenaikan harga beras adalah karena produksi padi turun pada tahun 2023 akibat adanya El Nino. Pada 2023 produksi padi turun sekitar satu juta ton karena luas panen yang juga turun signifikan sekitar 300.000 hektare. 

Penyebab lain, adalah ekonomi beras global. Pada Juli tahun 2023 India melarang ekspor beras karena pertimbangan politis di mana Perdana Menteri Narendra Modi tengah menghadapi pemilu pada 2024. 

Sementara itu, Koordinator Koalisi Kedaulatan Pangan (KRKP), Ayip Said Abdullah, melalui bbc.com menilai ada faktor lain yang turut mengerek kenaikan harga beras yakni kebijakan pemerintah yang jor-joran menggelontorkan bantuan sosial (bansos) saat masa kampanye kemarin.

Post a Comment

0 Comments