Ketahui Hukum Berpuasa Sebelum Ramadhan Tiba Yuk!

Source: Istockphoto.com by ferlistockphoto

INFOMJLK.ID - Puasa di bulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu. Karena selama bulan itu orang akan berbondong-bondong untuk berlomba-lomba mengumpulkan pahala sebanyak mungkin. Sebelum bulan puasa tiba, coba kita ketahui hukumnya terlebih dahulu yuk agar tidak salah kaprah ya teman-teman. Puasa di Bulan Ramadhan itu hukumnya wajib/ fardu ain bagi setiap mukallaf yang mampu menjalankannya. Seperti yang tetulis dalam Q.S. Al Baqarah ayat 183, “Wahai orang orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Artinya puasa ini memang diwajibkan bagi seluruh umat muslim yang memang sudah waktunya dan bisa menjalankan puasa. Termasuk pula kedalam rukun Islam ketiga. Lalu bagi mereka yang sudah wajib menjalankan puasa namun ternyata ada halangan yang membuatnya tidak bisa melaksanakan ibadah puasa seperti sakit maka harus segera diganti. Terdapat pula syarat wajib dalam menjalankan ibadah puasa, yaitu:

1. Islam

2. Baligh

3. Berakal sehat (tidak gila), tidak pingsan, atau tidak mabuk,

4. Mampu berpuasa,

5. Tidak sedang dalam perjalanan jauh yg dapat mengganggu kesehatan


Itulah beberapa syarat bagi seseorang untuk menjalankan puasa. Sedangkan mereka yang tidak memenuhi syarat wajib puasa atau dibolehkan untuk tidak berpuasa yaitu:

1. Musafir

2. Orang sakit

3. Wanita hamil

4. Anak yang belum baligh

5. Orang jompo

6. Wanita menyusui

7. Perempuan haid dan nifas

Mereka diperbolehkan untuk tidak menjalankan puasa. Meskipun syarat diperbolehkannya untuk tidak berpuasa ini ada, akan tetapi beberapa diantaranya masih harus mengganti puasa tersebut dengan cara membayar puasa sebanyak hari yang ditinggalkan saat bulan ramadhan di hari lain atau membayar Fidyah kepada orang miskin. Seperti dalam Q.S. Al Baqarah ayat 184, “Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin.

Selain penuh dengan keberkahan dan pahala, di bulan suci ramadhan ini kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk meminta menjadi pribadi yang lebih baik, bertaqwa dan beriman pada-Nya dengan dilimpahkan segala rezeki tanpa melupkan rasa syukur. Ada banyak doa yang bisa dipanjatkan di bulan yang peuh berkah tersebut

Post a Comment

0 Comments