Cara Mudah Melacak Pasangan atau Keluarga Pakai Google Maps

Source: Google Maps

INFOMJLK.ID - Baraya sekalian, dengan mengetahui posisi pasangan atau keluarga terdekat tentunya akan memberi rasa nyaman kepada kita. Hal ini sejak lama sebenarnya sudah bisa dilakukan menggunakan Google Maps. 

Sebagai catatan, kita tetap memegang kendali soal siapa saja yang dapat melihat posisi kita dan kapan kita dapat berhenti berbagi lokasi. 

Fitur-fitur lokasi ini berguna saat mengecek posisi terakhir pasangan atau keluarga kita, bisa memperkirakan kapan teman-teman kita yang rencananya bertamu akan datang, sehingga tahu persis berapa banyak waktu yang tersisa untuk mempersiapkannya. 

Berbagi lokasi dapat berupa pengaturan satu arah atau dua arah. Kita dapat melihat orang lain tanpa mereka ketahui jika mau (dan jika orang tersebut mengizinkannya). 

Jika kita ingin membuat lokasi kita terlihat, kita perlu mengaktifkan pelacakan lokasi di ponsel: Dari Pengaturan, ketuk Lokasi (Location), lalu aktifkan opsi Gunakan Lokasi (Use Location). 


Untuk mulai menggunakan fitur berbagi lokasi, berikut caranya: 

- Buka Google Maps di ponsel, dan ketuk avatar akun Google kita (kanan atas).

- Pilih Berbagi Lokasi (Location Sharing).

- Ketuk Berbagi Baru (New Share) untuk mulai berbagi lokasi kita dengan kontak/akun google yang dituju.

- Pilihan pertama adalah berapa lama kita akan membagikan lokasi: Gunakan tombol + (plus) atau - (minus) untuk mengatur jangka waktu antara 15 menit dan sembilan jam.

- Pilih Sampai kita mematikannya (Until you turn this off) jika kita ingin selalu berbagi lokasi sampai kita memutuskan aksesnya, begitupun sebaliknya.

- Pilih kontak/akun google dari daftar saran, atau ketuk Lainnya (More) untuk memilih kontak lain. 


Kontak pilihan kita kemudian akan mendapat peringatan di Google Maps yang menyatakan bahwa kita membagikan lokasi kita dengan mereka. 

Mereka akan mendapatkan opsi untuk membagikan kembali lokasinya, tetapi mereka tidak harus melakukannya. Untuk itu, perlu persetujuan dari orang yang kita tuju untuk membagikan lokasinya. 

Setelah mendapat persetujuan dari orang yang kita bagikan lokasinya, kita akan sama-sama bisa melihat lokasi terkini dimana kita berada, dan mendapatkan pemberitahuan ketika orang tersebut keluar dari tempat tertentu yang bisa kita tandai sebelumnya.

Post a Comment

0 Comments