Uang Bisa ko Membeli Kebahagiaan!

 

                                  pinterest.com


infomjlk.id -- Kita mungkin sering mendengar pernyataan bahwa "uang bukanlah segalanya" atau "uang tidak dapat membeli kebahagiaan." 


Nah, sedikit berbeda dengan hal-hal tersebut, kali ini minfo akan membagikan sedikit tentang bagaimana "uang bisa membeli kebahagiaan yang kita rasakan." 


Pertama, perlu diingat bahwa "ini bukan tentang seberapa banyak uang yang kita miliki." 


Menurut buku Happy Money karya Elizabeth Dunn & Michael Norton, ternyata hampir di seluruh dunia, besarnya penghasilan kita, hanya sedikit berpengaruh terhadap kebahagiaan. Adapun yang jauh lebih berpengaruh adalah bagaimana cara seseorang membelanjakan uang yang mereka miliki, itulah yang kemudian bisa menciptakan kebahagiaan! 


Kedua, pertanyaan bahwa "terus, kalau mau bahagia, uangnya dibelanjakan untuk apa?" 


Uang tidak dapat membeli kebahagiaan mungkin tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Kita pada dasarnya bisa 'menukar' uang dengan hal-hal yang membuat kita lebih nyaman, aman, bahkan bahagia. 


Contohnya, dengan membelanjakan uang menjadi sebuah pengalaman, mengunjungi tempat baru atau sesuatu yang berkesan. Ingatan akan pengalaman inilah yang dapat memunculkan kebahagiaan di kemudian hari. 


Jadi, meski kejadiannya sudah lewat, kita bisa mengenangnya kembali dalam ingatan yang tersimpan. Menjadi pengalaman berharga dan menyenangkan. 


Selain pengalaman, uang juga bisa kita tukar dengan 'quality time' atau waktu berharga dengan orang-orang terdekat. 


Waktu adalah suatu hal yang terbatas, ketika kita kehilangan maka tidak akan bisa kembali dan hanya bisa disesali. Uang yang dipergunakan dengan baik akan bisa membuat kita fokus pada hal yang penting dan berharga seperti pasangan, keluarga, passion, dan juga impian yang ingin kita capai. 


Selain itu, terdapat fakta menarik bahwa, ternyata uang yang kita 'berikan' akan membuat kita lebih bahagia daripada uang yang kita 'terima'. 


Jadi, selain dapat membeli pengalaman dan waktu berharga, uang juga bisa kita pergunakan sebagai cara berbagi dan membuat orang lain ikut bahagia karena hal tersebut. 


Dengan melihat orang lain bahagia, kita bisa merasakan dampak baik, kepuasan, dan berbagai emosi positif lainnya.

Post a Comment

0 Comments