Perbedaan Reaksi antara Tawanan Israel dan Palestina

 



INFOMJLK.ID.--Setelah gencatan senjata yang dilakukan antara Hamas dan Israel belangsung, mereka juga membebaskan beberapa tawanan antara kedua belah pihak. Tapi tahukah kalian ada perbedaan yang sangat signifikan diantara kedua tawanan tersebut. Tawanan Israel yang ditahan oleh Hamas akan dibebaskan dengan syarat pihak Israel juga harus membebaskan semua tawanan Palestina yang berada di penjara Israel. Hamas menjanjikan hal ini dan memang berniat membebaskan tawanan Israel asalkan mereka juga melakukan hal yang sama. Kemudian mereka pun kembali membebaskan sandera dan tahanan dalam jeda kemanusiaan yang berlangsung lima hari. Setelah sebelumnya juga telah membebaskan beberapa tawanan. Israel mengatakan pada Selasa (28/11/2023) bahwa sepuluh warga negaranya dan dua warga negara Thailand telah dikembalikan Hamas.


Total sandera yang dibebaskan menjadi 86 orang dari sekitar 240 orang yang dibawa Hamas ke Jalur Gaza, seperti dikutip dari Al Jazeera. Sementara, Israel membebaskan 30 warga Palestina dari penjaranya, sehingga jumlah total tahanan yang dibebaskan menjadi 180 orang. Akan tetapi banyak media dan video yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan respon atau reaksi para tawanan setelah dibebaskan oleh para militer. Sangat jauh berbeda antara tawanan Hamas dan Israel ketika dibebaskan. Tawanan Hamas memperlihatkan respon atau reaksi kedekatan mereka dengan pasukan Hamas. Bahkan memperlihatkan wajah bahagia. Ada juga yang kabarnya hingga jatuh cinta dengan pasukan Hamas ini.


Dilansir dari beberapa sumber artikel dan media sosial ada yang mengatakan bahwa itu semua karena sikap baik dari pasukan Hamas dalam memperlakukan tawanannya dan tak pernah menyiksa mereka. Terdapat media Israel yang juga menegaskan dan membenarkan perlakuan Hamas dimana memang mereka tidak pernah berlaku buruk terhadap tawanan Israel terkecuali pemberian makanan yang dibatasi. Tawanan Israel ini ketika dibebaskan bahkan terlihat sangat akrab sekali dengan pasukan Hamas, seperti berjabat tangan, berpelukan, tersenyum dan tertawa riang, dan saling mengobrol. Hal itu terlihat di salah satu video media sosial x.

Sebaliknya, sikap Israel terhadap tawanan Palestina diperlihatkan sangat buruk dalam video tersebut. Pihak israel membentak, memarahi, bahkan menyiksa tawanan Palestina hingga rusak anggota tubuhnya. Sangat jauh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh pasukan Hamas.

Post a Comment

0 Comments