Musim Hujan? Jangan Khawatir, Berikut Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

 



INFOMJLK.ID.--Hallo baraya Majalengka, semoga selalu dalam keadaan sehat. Musim hujan begitu identik dengan berbagai penyakit seperti flu dan batuk. Hal ini bisa terjadi akibat menurunnya sistem imun/kekebalan tubuh yang disebabkan oleh cuaca dingin. Bukan hanya itu, cuaca dingin juga bisa meningkatkan penyebaran bakteri dan virus. 


Rhinovirus yang merupakan penyebab flu biasa dapat bereplikasi lebih cepat pada suhu yang lebih dingin. Selain itu, virus Influenza juga bisa tumbuh dan berkembang dengan stabil pada suhu dingin dan kering. 


Untuk itu, sebagai langkah pencegahan, sebaiknya kita ketahui berbagai tips yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit di musim hujan. 


Berikut tips menjaga kesehatan di musim hujan: 


1. Penuhi kebutuhan cairan setiap hari

Meskipun cuaca dingin, kita perlu memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat musim penghujan. Sebabnya dehidrasi membuat tubuh lebih rentan mengalami berbagai penyakit yang kerap muncul di musim hujan. 


2. Konsumsi asupan Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang sangat baik untuk mengoptimalkan sistem imun tubuh. Untuk itu, jangan lupa perbanyak asupan makanan dengan kandungan vitamin C di dalamnya, seperti jeruk, stroberi, brokoli, hingga bayam. Selain makanan, kita juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. 


3. Lakukan aktivitas fisik

Jangan pernah malas untuk melakukan berbagai kegiatan fisik atau olahraga saat musim penghujan. Dengan rutin berolahraga, sistem imun tubuh akan meningkat sehingga risiko paparan penyakit akan menurun. 


4. Memenuhi kebutuhan istirahat

Penuhi kebutuhan istirahat setiap hari. Penting sekali bagi kita untuk istirahat cukup, tidur 7-8 jam setiap malamnya agar imun tubuh selalu dalam kondisi optimal. Hal ini membuat kita terhindar dari berbagai risiko penyakit yang kerap menyerang di musim hujan. 


5. Jangan makan sembarangan

Hindari mengonsumsi atau membeli makanan sembarangan. Pastikan kita mengonsumsi makanan yang bersih dengan kandungan yang baik untuk kesehatan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kebersihannya kurang terjaga, membuat kita lebih rentan mengalami berbagai penyakit selama musim hujan. 


6. Jaga kebersihan tubuh

Selama musim hujan, jangan lupa untuk sering mencuci tangan. Hal ini bisa kita lakukan untuk mencegah paparan bakteri atau virus yang menempel di tangan. Disarankan mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah melakukan aktivitas di luar ruangan, dan setelah menggunakan toilet. 


Selain itu, pastikan kondisi kuku dalam keadaan bersih. Kuku yang terlalu panjang dan tidak bersih bisa menyebabkan penumpukan kuman dan bakteri. 


Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai peralatan hujan sebagai persiapan di musim penghujan. Kita bisa menyiapkan payung atau jas hujan. Gunakan juga pakaian yang hangat dan alas kaki yang sesuai agar kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Post a Comment

0 Comments