Hah, Covid Ada Lagi? Majalengka Waspada!


Infomjlk.id.--Baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan terkait kasus Covid-19 yang sempat menggemparkan dunia. Ramai kembali karena kabarnya kasus ini muncul di beberapa negara saat ini. Bahkan kasus Covid-19 juga semakin meningkat dan sudah masuk ke Indonesia. Singapura dan Malaysia memiliki jumlah kasus yang cukup banyak akibat dibawanya virus Covid-19. Dikutip dari CNN Indonesia, Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) melaporkan jumlah infeksi Covid-19 selama periode 19-25 November melonjak dua kali lipat menjadi 22.094 kasus dari periode sebelumnya sebanyak 10.726 kasus. Kasus Covid-19 di Malaysia juga melonjak sebesar 57,3 persen dengan 3.626 kasus pada minggu epidemiologi ke-47 (ME47/2023) dari tanggal 19-25 November, menurut Kementerian Kesehatan Malaysia. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor dan adanya mobilitas warga yang cukup tinggi menjelang libur natal dan tahun baru serta imun yang menurun.


Varian virus ini merupakan varian baru yang dinamai virus corona varian EG.5 dengan sub-lineage HK.3. Akibat kejadian itu, warga Indonesia diminta untuk waspada akan hal ini. Apakah pihak Angkasa Pura di Indonesia akan memperketat alur keluar masuk bandara? Untuk hal ini Direktur Operasi Angkasa Pura I Indah Preastuty mengatakan belum mendapat instruksi khusus dari pemerintah terkait mitigasi pencegahan Covid-19 namun pihaknya akan menyiapkan pemindai suhu di bandara jika diperlukan dan menghimbau orang-orang untuk memakai masker kembali. Hal serupa dengan apa yang disampaikan oleh Coporate Secretary Angkasa Pura II Deni Krisnowibow yang juga akan menyiapkan APD bagi para petugas bandara. Intinya harus tetap waspada dengan kondisi yang marak terjadi saat ini dilansir dari Liputan 6.com Apakah virus tersebut sudah masuk ke Indonesia? Jawabannya adalah "iya". Virus Covid-19 ini sudah masuk ke Indonesia dan kabarnya berdasarkan data situs Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan (Kemenkes).


Data tersebut menyebutkan bahwa sepanjang bulan November 2023 ada penambahan sekitar 7 hingga 40 kasus terkonfirmasi Covid-19 per hari secara nasional. Lalu, awal Desember 2023 angkanya juga mengalami kenaikan sekitar 100 kasus per harinya berdasarkan informasi dari detik.com. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni lebih fokus pada peningkatan kewaspadaan sejak dini terhadap segala bentuk penyakit meskipun ia belum menerima laporan resmi terkait temuan kasus Covid-19 di Bengkulu. Dengan adanya informasi terkait meningkatnya kembali kasus ini tentu semua orang harus waspada terhadap virus tersebut termasuk di daerah Majalengka. Yang mana Majalengka juga telah memiliki bandaranya sendiri. Baik pihak Angkasa Pura maupun masyarakat Kabupaten Majalengka harus menjaga diri terutama menjelang liburan natal dan tahun baru. Harus menjaga diri agar tetap sehat dan bugar tapi jangan terlalu panik ya akan hal ini.

Post a Comment

0 Comments