Musim Hujan, Siapa Takut?




INFOMJLK.ID.--Panasnya Indonesia memang membuat kita semua tidak sabar dengan turunnya hujan di beberapa kota. Panas yang tak kunjung henti di Indonesia membuat warga merasa lelah dengan hawa panas dirumah masing-masing. Besarnya harapan agar musim hujan segera tiba. Akhir-akhir ini hujan mulau turun di beberapa tempat. Memasuki bulan November 2023 hujan sudah mulai turun walau masih belum rata. Nah bagaiman jika musim hujan akan belangsung lama? Bagaimana jika musim hujan tak kunjung henti sama seperti saat musim kemarau? Bagaiman jika hujan juga membuat warga merasa lelah karena sulitnya keluar rumah atau melakukan aktivitas lainnya? Dikutip dari kompas.com, senior forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Irsal Yuliandri mengatakan, awal musim hujan di Indonesia diprakirakan terjadi pada Oktober-Desember 2023. Beliau juga mengatakan puncak musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia akan terjadi pada awal tahun 2024.


Oleh sebab itu saat ini musim hujan belum turun serentak di Indonesia dan hanya sebagian wilayah saja yang mulai terjadi masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan, seperti Jabodetabek atau beberapa wilayah lainnya. Saat musim hujan tiba, bagaimana tanggapan baraya? Apa baraya siap menyambut musim hujan? Apa baraya siap metima sulitnya akses keluar karena akan hujan setiap hari? Siap karena jemuran akan sulit kering? Siap dong ya, masa tidak. Kita menanti hujan ini sudah sangat lama di Majalengka. Kita juga berharap hujan segera turun sudah berbulan-bulan. Jadi, masa tidak siap jika hujan turun? Siapa yang takut menyambut musim hujan ini, bukan! Ibarat kata seperti pepatah, sedia payung sebelum hujan. Bisa diartikan juga ada banyak hal yang bisa dipersiapkan sebelum hujan turun. Atau saat hujan sekalipun juga masih bisa diterjang oleh kita-kita. Hujan itu berkah yang diberikan Tuhan. Pasti akan sedikit menyulitkan kita namun tidak jauh berbeda dengan musim kemarau. Saat kemarau juga kita banyak dari kita mengeluh panas dan ingin hujan segera turun. Nanti ketika musim hujan tiba jangan ngeluh lagi ya haha.


Saat musim hujan ini persiapkan saja payung, jas hujan, sandal, baju dan celana ganti, sesuaikan jadwal cuci baju agar bisa kering efektif dan maksimal. Tidak menutup kemungkinan di musim hujan kita tidak bisa melakukan aktivitas apapun, hanya saja akan akan selalu mandi jadinya haha. Jangan lupa juga untuk selalu minum vitamin, bawa pakaian hangat seperti jaket, dan makan atau minum yang hangat dan sehat agar terhindar dari flu atau sakit lainnya. Yang dikhawatirkan sebenarnya ada satu hal ketika musim hujan tiba, yaitu banjir. Tapi semoga saja musim hujan ini tidak berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar. Berani kotor itu sehat dan hujan dapat membuat hawa lebih adem dibandingkan ketika musim kemarau ahaha.

Post a Comment

0 Comments