Kabar Baik, Ponpes Ar Rahmat Majalengka Jadi Proyek Percontohan Poskestren di Jabar



Kabar Baik, Ponpes Ar Rahmat Majalengka Jadi Percontohan Poskestren di Jabar


Infomjlk.id-- Kabar baik datang dari pondok pesantren modern Ar Rahmat Desa Weragati Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka, yang telah didaulat sebagai salah satu Ponpes percontohan dalam program Poskestren tingkat provinsi Jawa Barat. 


Hal itu terungkap saat kegiatan Musyawarah Masyarakat Pesantren (MMP) yang berlangsung di Ponpes Modern Ar Rahmat. 


Dilansir dari rri.co.id, Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Provinsi Jawa Barat, Hj. Dedeh Hadiati menjelaskan, bahwa Poskestren merupakan salah satu Program Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan dan juga merupakan wujud Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) di lingkungan Pondok Pesantren. 


Salah satunya dengan prinsip dari, oleh dan untuk warga Pondok Pesantren yang mengutamakan pelayanan promotif dan preventif tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif dengan binaan Puskesmas setempat. 


Sementara Ketua Tim Kerja Promosi Kesehatan Dinkes Majalengka Tika Apriliyantini, mengatakan kegiatan MPP merupakan salah satu proses pembentukan Poskestren yang sebelumnya sudah dilaksanakan advokasi dan sosialisasi, pelaksanaan SMS oleh santri husada dan para MMP.  


Ketua yayasan Ponpes Modern Ar Rahmat yang berpartisipasi Hj. Yeni Fitriyani, mengapresiasi dengan adanya kegiatan Poskestren ini. Karena pondok pesantren merupakan tempat belajar tentang ilmu pengetahuan umum yang dibarengi dengan penguatan ilmu agama dan juga bagaimana santri dapat menjaga perilaku hidup bersih dan sehatnya.

Post a Comment

0 Comments