Mungkin Gaksih Kabupaten Majalengka Miliki Stasiun Kereta Api ?




source foto unsplash by Fasyah Halim 


Infomjlk.id -- Selain Bandara Kertajati yang sebentar lagi menjadi moda transportasi untuk menghubungkan Majalengka ke wilayah lain. Kebutuhan moda transportasi seperti Kereta sangat dinantikan warga Majalengka nampaknya. 

Mmmm, kita bahas soal (CLBK) kereta dulu yuk. Sepertinya tidak sedikit orang yang berharap Majalengka memiliki stasiun sendiri. Hal itu agar warga tidak perlu lagi ke Cirebon jika ingin pergi keluar kota menggunakan
kereta. Bisa langsung cusss Majalengka-Jogja, Majalengka-Surabaya, Majalengka-Jakarta, dan lain-lain. Nah soal kereta ini kira-kira mungkin gak si Majalengka bisa punya stasiun kereta? Mengenai itu tentu tidak akan semudah yang kita bayangkan.

Karena seperti yang kita tau saat ini mungkin sudah ada tol dan bandara di Majalengka, tapi pembuatan dan proses semua itu memakan waktu yang sangat lama sampai bertahun-tahun. Lalu juga pembangun fasilitas umum seperti stasiun untuk banyak orang tentu memerlukan banyak proses atau tahapan. Mulai dari proses di pemerintah daerah Majalengka, proses pengajuan ke pemerintah pusat di Indonesia, pengajuan berkas dan sebagainya, pemilihan lokasi yang tepat, serta banyaknya pertimbangan lain untuk mendapatkan approval dan dana pembuatan stasiun.

Itu semua harus dilakukan setahap demi setahap. Alur kereta itu luas, pengadaan kereta dan pembuatan stasiunnya juga pasti memerlukan modal yang sangat besar beserta usaha pengajuannya. Apakah akan ada pro dan kontra? Tentu, pasti ada. Akan ada beberapa orang yang beranggapan bahwa kereta mungkin tidak diperlukan, tetapi ada hal lain yang lebih diperlukan untuk memakmurkan warga Majalengka. 

Namun apa salahnya jika kita berharap kalau Majalengka itu punya kereta sendiri. Apa salahnya jika kita mengungkapkan apa yang kita inginkan untuk daerah kita sendiri kepada semua khalayak termasuk pemda setempat. Memang, itu hanyalah perasaan dan harapan semata pribadi saja yang bisa dikabulkan atau bahkan tidak sama sekali. Tapi hal itu tidak ada salahnya untuk ditanyakan.

Sepertinya kalau Majalengka punya stasiun sendiri, mungkin bisa dari stasiun yang kecil dengan kereta kelas ekonomi saja dulu juga sudah cukup. Di beberapa daerah juga sama, ada yang menyediakan stasiun namun akses kereta yang ada hanya kereta ekonomi saja dan stasiunnya juga tidak begitu besar. Nah Untuk Majalengka sendiri juga bisa dirasa cukup jika seperti itu, karena setidaknya ada kereta di Majalengka untuk akses keluar kota. 

Tulisan ini mungkin dan semoga saja bisa jadi bahan pertimbangan pemerintah hehee. Harapannya ada namun tidak memaksa. Sekedar ingin mengatakan bahwa apakah mungkin Majalengka bisa memiliki stasiun dan kereta sendiri. Teman-teman boleh tulis semua harapan kalian di kolom komentar ya. Kali aja ada orang pemda yang terbesit untuk mengajukan pembangunan stasiun ini hahaha. (AGNL)

Post a Comment

0 Comments