Satu-satunya Stadion Kebanggaan Masyarakat Majalengka

 


Infomjlk.id -- Stadion Warung Jambu merupakan markas atau home base dari klub kebanggaan masyarakat Majalengka, Persima Majalengka. Berkapasitas sekitar 1500 penonton. Terletak tak begitu jauh dari Alun-alun Majalengka, atau masih berada di wilayah Majalengka kota. Kini perkembangan dan eksistensi dari stadion ini cukup disoroti oleh masyarakat. Pasalnya, selain jadi markas klub Persima Majalengka, Stadion Warung jambu juga kerap menjadi venue pertandingan sepak bola dan event olahraga lainnya. 

Seperti yang kita ketahui, saat ini Stadion Warung Jambu sedang dipergunakan untuk pertandingan sepak bola Piala Pelajar KNPI Majalengka 2023. Melihat begitu tingginya antusiasme muda-mudi dalam perhelatan piala pelajar ini, saya jadi berandai-andai. Bagaimana jika nantinya Majalengka mampu konsisten dalam mengembangkan potensi-potensi pesepak bola yang ada, hingga mampu berkiprah di liga bergengsi nasional? Bukankah menjadi suatu hal yang menarik, juga membahagiakan? Dan tentunya membawa angin segar bagi banyak pihak. 

Dilihat dari sejarahnya, mengutip dari laman instagram @std_warungjambu_mjlk stadion ini dibangun pada awal tahun 1970-an. Kala itu pemerintah membangun stadion yang sudah lama dinanti-nantikan masyarakat Majalengka, stadion itu bernama Stadion Warung Jambu Majalengka. 

Perlu diketahui, penamaan tersebut diambil dari asal-usul tempatnya, yang mana sebelum dibangun stadion tempat itu adalah tempat berkumpulnya para pedagang dan tengkulak Jambu hutan khas Majalengka. Jambu-jambu tersebut didatangkan dari Cibatu, Bojong, Sidamukti, bahkan dari Kadu, Cimaningtin dan sekitarnya. 

Jambu hutan khas ini sekarang tak begitu terdengar lagi, mungkin karena kalah saing dengan jambu merah dan jambu kristal yang banyak ditanam di daerah Cibatu, Pancurendang, dan sekitarnya. 

Adapun kondisi dan fasilitas seadanya yang dimiliki Stadion Warung Jambu, sepertinya sejak awal pembangunannya stadion ini sedikit sekali mencicipi renovasi yang layak. 

Padahal, jika Majalengka ingin serius dalam mengembangkan kiprah sepak bola-nya, hal pertama yang harus diperhatikan saya kira adalah fasilitas yang layak untuk menopang kenyamanan dan mendorong gairah positif baik bagi para atlet, tim official, maupun masyarakat yang akan terlibat secara langsung. 

Karena, tidak bisa dipungkiri sepak bola profesional merupakan salah satu cabang olahraga yang mampu menciptakan perputaran ekonomi yang cukup besar. Sepak bola tidak hanya dipandang sebagai hiburan atau olahraga semata, lebih dari itu sepak bola mampu berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

Banyak yang akan merasakan dampak positif ekonominya secara langsung, banyak juga peluang yang akan terbuka ketika pertandingan sepak bola profesional digelar. Mulai dari para atlet, pelatih, tim official, panitia penyelenggara, bahkan para pedagang, pengusaha, jasa transportasi, hingga pengelola objek wisata akan merasakan dampaknya.

Harapan kedepannya, baik pemerintah, manajemen pengelola, hingga masyarakat bisa saling bahu membahu menjaga, merawat, terlebih mengembangkan dan meningkatkan eksistensi dari Stadion Kebanggaan Masyarakat Majalengka ini (INF). 

Post a Comment

0 Comments