Sisa Daging Kurban Idul Adha Kemarin Masih Ada? Olah Menjadi Beberapa Pilihan Ide Masakan di Bawah Ini Aja Yuk!

Istockphoto.com/Agung Bayu

infomjlk.id - Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar. Laa ilaa ha illawlaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaah ilham. 29 Juni, 2023 kemarin tepatnya pada hari kamis telah berkumandang lantunan ayat suci pada hari raya Idul Adha bagi seluruh umat Islam yang ada di dunia. Lebaran Idul Adha merupakan hari raya yang ditunggu banyak warga muslim karena memiliki banyak sekali amalan yang dijalankan menjelang hari tersebut. Tentu amalan itu dapat memberikan pahala besar bagi mereka yang menjalankannya. Selain itu juga dalam perayaan Idul Adha, orang-orang melakukan kurban daging sapi, domba, atau kambing yang kemudian akan dibagikan kepada warga di tempatnya masing-masing. Ibu-ibu dan bapak-bapak mungkin sudah siap menjadi panitian dalam pemotongan hewan tersebut. Beberapa orang juga sudah siap untuk memasak daging kurban yang akan mereka terima. Namun untuk memasak daging tersebut mungkin ada berbagai resep yang bisa mereka buat.

Dalam tulisan kali ini akan membantu memberikan ide olahan daging bagi mereka yang belum sempat memasak daging kurban tersebut. Atau mungkin juga masih terdapat sisa daging yang belum dimasak. Untuk resep tersebut kira-kira olahan seperti apa saja yang dapat dibuat, ikuti resepnya di bawah yuk.


1. Sate Bumbu Kecap

Biasanya orang-orang yang telah mendapatkan daging kurban akan langsung memasaknya dengan cara nyate bersama teman, keluarga, atau tetangga mereka. Sate ini memang menjadi pilihan banyak orang dikala Idul Adha tiba. Namun bagi mereka yang belum sempat memasak dagingnya mungkin nanti bisa coba juga dengan mengolahnya menjadi sate seperti ini ya. Cukup menggunakan kecap manis dan mentega saja pada daging yang sudah dipotong dadu dan dibersihkan.


2. Rendang

Olahan daging juga bisa dimasak menjadi rendang. Untuk bumbunya sendiri saat ini sudah ada bumbu instan rendang yang dapat dibeli di warung, minimarket, atau pasar sehingga tidak perlu repot mencari bahan dasar seperti rempah-rempah dan mengolah bumbunya. Cukup rebus atau presto terlebih dahulu dagingnya agar lebih empuk lalu masak dengan bumbu instan rendang dan tambahkan santan.


3. Tongseng

Memasak tongseng juga tidak perlu repot dengan olahan bumbunya karena sudah ada bumbu instan yang dapat dibeli seperti bumbu rendang. Olahannya pun juga hampir sama seperti memasak rendang, hanya saja dagingnya dipotong kecil-kecil dan tidak perlu direbus atau di presto terlebih dahulu. Selain itu cara memasak lainnya tidak jauh berbeda dengan mengolah rendang.


4. Bakso Daging

Nah, untuk olahan ini mungkin bisa dicoba bagi mereka yang memang ingin membuat bakso di rumah. Olahan ini memerlukan beberapa step seperti memblender dagingnya, menambahkan adonan tepung, bumbu, dan kemudian dibentuk menjadi bulat lalu direbus. Untuk kuah baksonya juga bisa disesuaikan tergantung selera masing-masing dan bisa kering atau berkuah. Bakso dapat dihidangkan bersama keluarga, tetangga, atau tamu yang datang kerumah.


Anggun L

Post a Comment

0 Comments