Sejarah Ulang Tahun Majalengka Ditetapkan pada Tanggal 7 Juni

infomjlk.id Majalengka sebagai salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat pada tanggal 7 Juni 2023 merayakan hari jadi/ulang tahun yang ke-533. Hari jadi/lahirnya kota Majalengka diadakan setiap tanggal 7 Juni hal itu berdasarkan Peraturan Daerah Tingkat II Majalengka yang ditetapkan pada tahun 1982 silam. Mengapa hari jadi Majalengka ditetapkan pada tanggal tersebut? Pada tahun 1980 Pemda Majalengka membentuk tim kajian sejarah Majalengka yang diketuai R.Ugon Sugandi WP yang sering disebut Tim 22.

Penetapan tanggal 7 Juni tersebut berdasarkan kesepakatan 22 panitia yang memperkirakan bahwa pada tahun 1490 adalah tahun saat tenggelamnya Kerajaan Sindangkasih setelah terjadi pertempuran sengit antara Cirebon dan Sindangkasih. Asal tanggal tersebut berasal dari tanggal 10 Muharam yang juga merupakan hari saat diciptakannya alam semesta serta Nabi Adam AS. Karena sudah disepakati tanggal 10 Muharam (1490 M) sebagai titik terbentuknya Kabupaten Majalengka, maka untuk segera membuat perhitungan sistem kalender 500 tahun. Kemudian ditemukanlah bahwa hari jadi Majalengka jatuh pada tanggal 7 Juni 1490 M.

                                   

Selain itu sejarah Majalengka sebelumnya memang selalu terpaku pada nama Pangeran Muhammad dan Nyi Rambutkasih yang selalu dijadikan sumber utama bagi pembahasan sejarah Majalengka. Perjalanan sejarah Majalengka yang demikian panjang selama 5 abad lebih telah menorehkan berbagai pengalaman untuk beraktualisasi menjadi kabupaten yang maju di Jawa Barat. Tekad dan impian bersama dengan mewujudkan visi membangun Majalengka yang Religius, Adil, Harmonis, dan Sejahtera (Raharja) merupakan bukti betapa kuatnya keinginan untuk terus mensejajarkan diri dengan masyarakat lain di Jawa Barat.

Majalengka yang saat ini semakin maju dengan banyaknya prestasi yang diraih menjadikan kota tersebut layak dan mampu bersaing dengan berbagai daerah. Melalui sejarahnya itulah Majalengka harus terus maju dan bersama agar semua usaha yang telah diperjuangkan tidak sia-sia. Selamat Hari Jadi Kota Majalengka. Salam sejahtera salam RAHARJA.

Anggun L

Post a Comment

0 Comments