Seblak Coet Mamang Rapael, Raos Pisan Euy


infomjlk.id - Sok atuh baraya, saha anu teu apal seblak? Aya teu urang sunda nu teu apal seblak? Lamun aya, cak lain orang sunda lah eta mah. Hereuy nya baraya haha. Oke, balik lagi ke kata seblak, apa itu seblak? Yes, seblak merupakan makanan atau jajan atau camilanna urang sunda alias orang Jawa Barat. Seblak ini makanan khas warga sunda dengan cita rasanya yang hot menggetarkan lidah dan raos pisan euy. Seblak biasanya terdiri dari kerupuk, siomay, batagor, dan pastinya bumbu khas cabe pedas untuk seblak. Itu merupakan bahan dasar seblak. Tetapi sudah banyak varian seblak yang menambahkan ceker, seafood, kwetiaw,  dan bahan lainnya. 

Seblak biasanya dimasak berkuah dengan tingkat kepedasan yang bisa diatur walau orang sunda senangnya yang cukup pedas tapi nyatanya tidak semua suka pedas. Seblak ini juga berwarna merah khas dari bumbu cabainya dan bisa menambahkan telur sehingga airnya lebih mengental. Baru-baru ini ada olahan seblak berbeda yang sangat viral, yaitu "Seblak Coet Mamang Rapael." Seblak coet dipopulerkan oleh salah satu Ex-Boyband Indonesia Smash yang bernama Rafael dan saat ini sering dipanggil mamang/amang Rapael/Ravael karena konten-kontennya yang selalu menampilkan kuliner sunda per-acia an, termasuk seblak salah satunya.

Seblak yang dibuat Rafael ini sangat berbeda dengan seblak pada umumnya. Seblak ala Rafael hanya menggunakan kerupuk putih yang berbentuk seperti bunga saja dan tidak berkuah melainkan dibuat di coet atau ulekan sambal. Untuk cara buatnya sendiri juga sangat gampang. Cukup siapkan kerupuk bunga putih, bawang putih, kencur, cabai dan bawang daun. Rebus kerupuknya terlebih dahulu namun jangan sampai terlalu lembek. Sembari menunggu, ulek semua bahan di coet kecuali bawang daun dan tambahkan bumbu-bumbu untuk mengatur rasa. Potong bawang daun kecil-kecil dan masukkan kedalam coet. Jika kerupuk sudah cukup kenyal, tiriskan. Panaskan minyak goreng kemudian siram ke ulekan bumbu. Aduk dan masukkan kerupuk lalu aduk lagi. Seblak coet siap untuk disantap.

Seblak coet ini sangat viral sampai banyak yang mencoba membuatnya. Bahkan sudah ada di beberapa tempat yang menjual seblak coet ala mamang rapael ini. Itu tadi bahan dan cara membuatnya yang bisa baraya coba. Untuk rasa mungkin ada yang lebih senang seblak biasa atau lebih enak seblak coet ini. Semua tergantung selera masing-masing. Tapi sebagai orang sunda mah semua seblak enak yah, seblak coet rapaelnya juga raos pisan euuyy.. Sok atuh buruan coba bikin di rumah masing-masing ya baraya.

Anggun L

Post a Comment

0 Comments