Kemeriahan Acara Hari Jadi Majalengka ke-533 Diikuti Porsenitas dari Beberapa Kabupaten di Jawa Barat

infomjlk.id - Kabupaten Majalengka, pada tanggal 7 Juni 2023 kemarin sudah memasuki hari kelahirannya yang ke-533 tahun. Acara resmi yang diadakan untuk memeriahkan hari jadi Majalengka yaitu pada tanggal 8 Juni 2023 tepatnya hari kamis. Pada tanggal tersebut diadakan festival/pawai budaya di Majalengka yang diikuti oleh beberapa daerah kabupaten/kota dan lembaga pemerintah daerah setempat serta beberapa sekolah. Dalam kemeriahannya juga diadakan Pekan Olahraga dan Seni Antar Daerah Pebatasan (Porsenitas) X dengan menjadikan Majalengka sebagai tuan rumah.

Untuk kegiatan Porsenitas sendiri sebenarnya sudah berlangsung dari tanggal 7 hingga 10 Juni namun acara resminya dimulai pada tanggal 8 Juni 2023. Majalengka juga melakukan ceremony pembukaan acara Porsenitas pada tanggal 7, hari rabu malam kamis di GGM Majalengka. Acara tersebut didatangi oleh Bapak Bupati Majalengka H. Karna Sobahi dan juga dihadiri oleh Gubenur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil. Kegiatan festival dan Porsenitas ini sangatlah seru. Terutama ketika pawai berlangsung ada banyak warga Majalengka yang ikut memeriahkan dengan menonton pawai tersebut.

Kegiatan Porsenitas dan festival Majalengka diikuti 10 Kabupaten/kota perbatasan, yaitu Kabupaten Majalengka, Kuningan, Ciamis, Pangandaran, Brebes, Cilacap, Indramayu, Cirebon, Kota Cirebon, dan Banjar. Selain mempertandingkan sejumlah cabang olahraga, kegiatan ini juga dipadukan dengan penyelenggaraan pameran produk unggulan dan penampilan seni budaya masing-masing kabupaten/kota tersebut. Untuk cabang olahragnya terdapat dua jenis, yaitu wajib dan pilihan. Untuk cabang olahraga wajib terdiri dari bulu tangkis, catur, tenis meja, voli indoor, dan tenis lapangan. Sedangkan cabang olahraga pilihan yang dapat dipilih yaitu billyard, basket dan voli pasir, serta dua cabang olahraga tradisional.

Kegiatan Porsenitas final seluruhnya diadakan pada tanggal 10 Juni 2023 di gedung Creative Center Majalengka sekaligus dilakukan penutupan. Hasil dari seluruh kegiatan tersebut sangatlah sengit. Kabupaten Majalengka menjadi juara umum pada kegiatan Porsenitas X 2023 dengan mendapat medali terbanyak dibandingkan kabupaten/kota lainnya. Yaitu sebanyak 12 Emas, 6 Perak, dan 24 Perunggu dengan total 42 medali yang telah diraih. Begitu besyukurnya hasil yang telah diperoleh tidak sia-sia dengan usaha dan semangat yang tinggi dari para pemain. Harapannya semoga Majalengka tahun ini bisa terus menjadi lebih baik, maju, dan selalu berinovasi sehingga dapat bersaing dengan berbagai daerah.

Anggun L

Post a Comment

0 Comments