8 Manfaat Adanya Hutan Kota

infomjlk.id - Isu pembangunan hutan kota di Majalengka santer terdengar sejak 4 bulan yang lalu. Kabarnya, lahan yang akan digunakan sebagai hutan kota adalah lahan bekas Pasar Lama yang batal direvitalisasi 2 tahun yang lalu akibat Covid-19. Selain batal direvitalisasi, lahan bekas Pasar Lama ini sebelumnya juga sempat akan dibuat menjadi pasar darurat, namun pada akhirnya terbengkalai dan ditinggalkan oleh pengembang. Dilansir dari TribunJabar.id, rencananya lahan ini akan dibangun hutan kota berkonsep arboretum yang dilengkapi tandon air dan kolam renang di dalamnya. Anggaran yang disiapkan untuk pembangunannya sendiri mencapai Rp. 10 miliar. Hal ini merupakan salah satu upaya Pemkab Majalengka dalam memenuhi ruang terbuka hijau di wilayah perkotaan, sekaligus kantong resapan air; guna menjaga keseimbangan ekosistem perkotaan. Hingga pada April lalu rencana pembangunan hutan kota ini menuai banyak kritik, bahkan penolakan. Beberapa kalangan beranggapan jika pembangunan hutan kota belum terlalu dibutuhkan untuk saat ini. Adapun dana pembangunan yang disiapkan sebaiknya dialokasikan terlebih dahulu untuk perbaikan jalan yang rusak maupun revitalisasi pasar tradisional.

Baraya sekalian, terlepas dari problematika rencana pembangunan hutan kota di Majalengka. Perlu kita ketahui bersama, bahwa hutan kota merupakan salah satu komponen penting dalam tata ruang kota yang ideal. Hutan kota sendiri dapat diartikan sebagai satu-kesatuan ekosistem berupa hamparan yang ditumbuhi beragam pepohonan yang kompak juga rapat di dalam wilayah perkotaan, baik pada tanah negara maupun tanah hak yang ditetapkan oleh pihak berwenang. Suatu kawasan dapat disebut sebagai hutan kota jika luasnya melebihi 0,25 hektar. Dan idealnya, sebuah kota itu memiliki kawasan hutan kota sekitar 10% dari total luas wilayahnya.

Nama "Hutan Kota" sendiri secara resmi dikenal pada Kongres Kehutanan Sedunia ke-7 yang diadakan di Jakarta pada tahun 1978. Hutan kota memiliki beragam bentuk yang disesuaikan dengan lahan penempatannya, diantaranya adalah bentuk jalur, bentuk kompak, dan bentuk menyebar. Adapun manfaat hutan kota sebagai salah satu komponen penting tata ruang kota yang ideal, secara umum adalah sebagai berikut:



  1. Manfaat Estetika

    Dengan beragam bentuk yang bisa disesuaikan dengan tata ruang kota dan lahan penempatannya, hutan kota bisa dibuat seestetik mungkin untuk memperindah sekitarnya. Menjadikan kota terlihat lebih nyaman dipandang, tidak gersang, dan sejuk tentunya.

  2. Manfaat Hidrologis

    Banyaknya berbagai jenis pohon yang tumbuh menjadikan hutan kota sebagai wilayah resapan air tanah yang sangat bermanfaat, terutama di musim kemarau seperti saat ini. Dengan adanya hutan kota, air hujan bisa tertampung dan meresap jauh ke tanah sehingga mengurangi risiko terjadinya banjir.

  3. Manfaat Klimatologis

    Kehadiran hutan kota sebagai penyeimbang di tengah padatnya bangunan perkotaan akan memberikan manfaat klimatologis berskala mikro hingga makro, tergantung seberapa besar pemanfaatannya. Banyaknya pepohonan yang tumbuh akan memengaruhi iklim dan tingkat kelembapan di sekitarnya. Udara yang sejuk di lingkungan tersebut tentunya akan menciptakan rasa nyaman untuk semua.

  4. Habitat Flora dan Fauna

    Dengan adanya hutan kota akan membentuk suatu ekosistem dimana flora dan fauna tumbuh dan berkembang, serta memberikan manfaat kelestarian lingkungan.

  5. Menurunkan Polusi Udara

    Pencemaran udara yang masif di perkotaan menjadi alasan kuat mengapa harus ada hutan kota dengan minimal persentase 10% dari total luas wilayahnya. Keberadaan hutan kota akan menyerap lebih banyak karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang lebih segar.

  6. Manfaat Edukatif

    Kawasan hutan kota dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi yang menunjang pengenalan hutan dan lingkungan, ekosistem, dan kesadaran akan pentingnya melestarikan alam.

  7. Manfaat Rekreatif

    Selain bisa dimanfaatkan sebagai sarana edukasi, hutan kota juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi dan olahraga. Udaranya yang sejuk dan teduh sangat menunjang untuk kegiatan tersebut.

  8. Manfaat Ekonomi

    Pemanfaatan hutan kota sebagai sarana edukasi dan rekreasi akan memunculkan daya tarik wisata yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Roda ekonomi masyarakat sekitar akan berputar seiring terbukanya peluang untuk ikut berkontrubusi dalam mengelola kawasan hutan kota.


Ikhsan Noer Fauzi

Post a Comment

0 Comments