Tentang Bu Yos yang Viral di Medsos, Begini Tanggapan Camat Kecamatan Majalengka



infomjlk.id - Kisah Bu Yos yang sedang mendapat perhatian dari warganet Majalengka, sebab pemberitaan di banyak media. Supartyningsih sebagai camat Kecamatan Majalengka mengambil langkah serius untuk merespon hal ini. Camat yang baru menjabat sebagai camat Kecamatan Majalengka beberapa bulan terakhir ini beserta seluruh Muspika Kecamatan Majalengka, perangkat Kelurahan Cicurug, bersama Dinsos Kabupaten Majalengka memberikan tanggapan cepat untuk merespon kasus Bu Yos dengan memberikan bantuan dan mengunjungi kediaman Bu Yos. 


“Mengenai Bu Yos yang baru-baru ini viral di media sosial, karena tayangan kondisi rumah yang memprihatinkan tersebut,” keterangan Supartyningsih. Menurutnya, setelah peninjauan langsung, kondisi yang bersangkutan masih-lah memiliki kerabat yang menanggung kebutuhan sehari-hari, bahkan warga yang tinggal di sekitar juga turut membantu Bu Yos selama ini. Masih menurut Party, yang sejatinya harus diprioritaskan dan yang paling dibutuhkan adalah fasilitas layanan kesehatan untuk pemulihan kondisi mental Bu Yos.


Dari pantauan camat, kondisi Bu Yos secara fisik terlihat sehat, bersih, dan terawat. Hanya saja, kadang-kadang penyakit (mental)-nya kumat dan marah-marah. “Bahkan beliau masih komunikatif, dan masih diajak ngobrol sama kita.”ujar Party


Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka melalui Dinas sosial Kabupaten Majalengka sudah memfasilitasi BPJS dan sudah dapat digunakan.Dalam waktu dekat direncanakan akan dirujuk ke RS terdekat. 


Sebagai upaya agar hal seperti ini tidak terjadi lagi, perlu difikirkan bersama bagaimana layanan kesehatan mental di wilayah administratifnya dan di seluruh Kabupaten Majalengka umumnya dapat diakses masyarakat dengan mudah. “Satu hal yang menjadi fokus kami adalah bagaimana layanan kesehatan mental untuk ODJG seperti ibu Yos bisa tersedia,,karena sering kali ODGJ sulit untuk dinawa ke Rumah Sakit,” tuturnya camat muda ini. 


“Karena hal yang pertama harus disentuh adalah kesehatan dulu, baru ke fasilitas seperti rumah, dan lain-lain, akan kurang efektif bantuan yang diberikan oleh pemerintah berupa rutilahu atau apapun itu kalau individunya tidak disembuhkan dulu, bisa jadi kondisi rumahnya akan kembali seperti semula, jadi sekarang yang terpenting adalah menyembuhkan dulu Ibu Yos.” keterangan Party pada infomjlk.id.


Meskipun begitu, Party mengaku akan berkoordinasi dengan pemerintahan Kabupaten Majalengka terkait kemungkinan membedah rumah Ibu Yos. “Kami akan terus kawal, kami juga ingin melakukan yang terbaik untuk Bu Yos,” tutupnya.


Post a Comment

0 Comments