Medali Emas Timnas Sepakbola dengan Segala Romansanya


infomjlk.id - Halo baraya InfoMJLK, sorak sorai para pendukung timnas sepak bola Indonesia seakan bergemuruh diseluruh penjuru Olimpic Stadium di Pnom Penh Kamboja kala punggawa garuda melibas timnas Thailand dengan skor akhir 5-2. Animo yang meriah ini juga dirasakan pula oleh baraya penduduk Majalengka penonton layar kaca yang berada di rumah, warkop, maupun kafe kafe yang mengadakan acara nobar. Tangis haru bahagia terkucur dengan deras kala peluit tanda akhirnya pertandingan dibunyikan, Medali emas ini seakan menjadi obat penawar kala sebelumnya sepakbola Indonesia harus berkabung atas tragedi kanjuruhan dan dibatalkannya piala dunia U-20.


Berawal dari Diremehkan


Banyak mata tertuju pada timnas indonesia ketika harus tegabung di grup A bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina dan Timor Leste. Hal ini dikarenakan Indonesia satu grup dengan negara negara yang notabennya tidak terlalu bagus dalam sepakbola, sehingga tidak aneh jika Indonesia keluar sebagai juara grup. Namun meskipun begitu, usaha timnas Indonesia untuk menyapu bersih pertandingan tampaknya memang berjalan mulus atas kerjasama yang apik antar lini dan semagat juang yang tinggi. Bahkan negara negara yang tergabung satu grup dengan Indonesia pun bukan tanpa perlawanan, apalagi saat Indonesia berhadapan dengan Myanmar dan Kamboja. Coach Indra Sjafri dipaksa untuk memutar otak agar bisa menembus pertahanan tim lawan.


Menaklukan Vietnam di Semifinal


Setelah keluar menjadi juara grup A, Indonesia dihadapkan dengan rintangan terjal yang selalu saja membuat timnas kita tersandung. Vietnam merupakan sebuah momok yang acap kali menghapuskan harapan untuk menang. Namun berbeda dengan semifinal kemarin, sang garuda berhasil menghunuskan tajinya dan mengubur harapan Vietnam untuk pergi ke partai final. Timnas Indonesia melibas Vietnam dengan skor akhir 3-2 dengan goal dramatis di perpanjangan waktu. Taktik jitu coach Indra Sjafri seakan menjadi ramuan khusus untuk menetralisir gempuran dari vietnam. Bahkan setelah pertandingan selesai staff dari Vietnam besesumbar bahwa Indonesia menang gara gara keberuntungan dan dua gol yang tercipta dari lemparan ke dalam oleh Pratama Arhan merupakan gol yang aneh, Padahal mah kalo udah kalah mah kalah aja ya jangan koar koar.


Karma Thailand Akibat Keangkuhannya


Indonesia pun dipastikan maju ke babak final melawan pasukan Gajah Putih Thailand setelah melibas Vietnam di semifinal seagames 2023. Pertandingan Indonesia melawan Thailand seakan menjadi arena pertarungan yang selalu saja menyajikan intrik serta seni psywar dalam sepak bola. Seperti ketika press conference sebelum laga final, salahsatu punggawa timnas Gajah Putih tersebut berkata “pendukung Indonesia jangan hadir ke stadion karena kami akan berusaha maksimal tapi supporter Thailand silahkan datang ke stadion.” Psywar tersebut tak pernah sekalipun membuat gentar punggawa garuda, bahkan sang Garuda seakan perkasa menggagahi Gajah Putih di Olimpic Stadion Pnom Penh Kamboja dengan skor akhir pada babak tambahan 5-2. Sebenarnya timnas Indonesia hampir saja dipatikan menjadi kampiun saat skor di babak kedua 2-1 untuk kemenangan Indonesia, namun di detik detik terakhir Thailand berhasil menyamakan kedudukan sehingga harus dilanjutkan ke babak pertambahan.

Elclassico Asia Tenggara


Laga Indonesia VS Thailand seakan menjadi partai adu gengsi di Asia Tenggara, karena sering sekali menyajikan drama drama yang membuat pertandingan menjadi meriah. Seperti pada partai Final kemarin saat Thailand berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, para pemain Thailand melakukan selebrasi provokasi kedekat bench timnas Indonesia sehingga menimbulkan beberapa keributan. Tak hanya itu, ketika Indonesia berhasil menambah gol menjadi 3-2 atas gol Irfan Jauhari, pemain timnas seakan membalasnya dengan selebrasi di dekat bench timnas Thailand yang berakhir dengan kericuhan dan Manager timnas Indonesia pun menjadi korban pemukulan official Thailand. Komang beserta kiper Thailand pun harus sama sama diusir dari lapangan oleh wasit karena dianggap terlalu kasar sehingga kedua belah pihak harus bermain dengan 10 pemain. Namun sepertinya Thailand kehabisan ide dan malah bermain kasar sepanjang pertandingan sehingga wasit mengeluarkan dua kartu merah lagi untuk pemain Thailand. Pertandingan pun dimenangkan oleh timnas Indonesia setelah Beckham Nugraha memastikan gol ke 5 bagi timnas Indonesia. Dan akhirnya Indonesia kembali mendapatkan medali emas seagames setelah 32 tahun lamanya.


Irfan Kurnia Padllul Rohman




Post a Comment

0 Comments