Cilor Idaman Memang Menjadi Jajanan Idamanku di Majalengka

                                     

infomjlk.id - Jajanan pinggir jalan mungkin sudah banyak dijual di manapun. Jajanan pinggir jalan ini dinamakan juga sebagai street food. Tak hanya Indonesia, tetapi street food umumnya dijual di hampir seluruh negara. Namun ada perbedaan di setiap jajanan tersebut. Mulai dari jenis makanannya, bahan, hingga rasa jajanan itu berbeda. Terdapat ciri khasnya tersendiri, sebagai contoh makanan yang ada di Indonesia. Indonesia yang saat ini terdiri dari 38 provinsi dengan berbagai daerah yang tersebar memiliki banyak macam jajanan pinggir jalan di seluruh daerah tersebut. Tentunya makanan tiap daerah yang dijual berbeda-beda. Salah satunya yaitu street food yang dijual di daerah Majalengka, Jawa Barat.

Jajanan yang dijual di Jawa Barat ini sangat banyak dan hampir sama di setiap daerahnya. Tetapi tetap saja ada beberapa street food khas daerah yang dijual di daerahnya sendiri. Untuk wilayah Kabuaten Majalengka, jajanan pinggir jalan yang sangat aku sukai ialah "Cilor Idaman." Selera tiap orang mungkin berbeda-beda, ada yang menyukai "Cilor Idaman" dan ada yang menyukai cilor lainnya. Atau ada juga yang menyukai jajanan lain. Cilor ini singkatan dari aci telor yang dibuat dengan bentuk bulat dan kecil kemudian di tusukkan pada tusuk sate sebanyak 3 atau 4 bulatan aci tersebut. Kemudian aci itu digoreng sebentar atau setengah matang lalu dilumuri telor yang telah dikocok dan digoreng kembali hingga matang.


Alasan mengapa aku sangat menyukai "Cilor Idaman" karena cilor satu ini sangat banyak telornya. Maksudku telor yang melumuri aci itu sangat berasa. Mungkin tidak jauh berbeda dengan cilor lain yang dijual dan semua cilor itu enak, tetapi bagiku "Cilor Idaman" merupakan salah satu yang terenak di Majalengka. Aci yang dibuat juga teksturnya kenyal dan rasanya tidak hambar. Biasanya cilor ini akan digoreng dengan dua kali celupan telor. Pertama, aci yang telah digoreng kemudian dilumuri telor dan digoreng kembali, tidak lama aci itu diangkat dan dilumuri lagi dengan telor dan digoreng kembali hingga matang. Jadi telornya sangat terasa dan membalut seluruh aci didalamnya. Lalu cilor akan dibumbui dengan rasa yang kita mau. Ada pilihan bumbu asin, saus sambal, dan bubuk cabai/aida yang pedas.

Penjual "Cilor Idaman" di Majalengka sudah tersebar di tiap tempat, seperti berjualan di depan SMAN 2 Majalengka, Alun-alun Majalengka, pasar Kadipaten, jalan Mambo, dan mungkin di beberapa tempat lainnya yang belum pernah ku kunjungi. Nah, bagi baraya yang punya rekomendasi cilor enak selain "Cilor Idaman" dan tempat dimana penjual cilor ini dagang bisa komen di bawah ya. Atau mungkin ada rekomendasi jajajan enak lainnya di Majalengka, boleh banget di share.

Anggun L

Post a Comment

0 Comments