Cara Memanage Uang THR agar Tidak Cepat Habis



infomjlk.id - Seperti kata habis terang terbitlah gelap. Yaa itulah kalimat yang cocok bagi mereka yang telah mendapatkan THR setelah lebaran tetapi hanya numpang lewat. Mengapa bisa? Karena tidak adanya pengelolaan pada uang tersebut. Hingga akhirnya uang THR yang kita miliki habis begitu saja. Seringkali habis karena hal-hal yang kurang bermanfaat dan sia-sia. Sebenarnya bisa lho jika uang lebaran digunakan dengan lebih hemat dan tidak terbuang begitu saja. Ada caranya untuk mengelola uang tersebut. Yuk intip cara-cara mengelola uang THR di bawah ini!


                                            

1. Gunakan Uang Secukupnya


Kata-kata ini sebenarnya relatif, tergantung dengan uang yang didapat dan rencana pemakaian uang tersebut. Yang perlu ditekankan dengan secukupnya yaitu gunakanlah hanya sebagian atau bahkan seperempat dari uang THR yang didapat untuk kegiatan atau acara lain. Contoh, ketika ingin pergi bersama teman-teman pasca lebaran cobalah untuk mencari tau terlebih dahulu soal fee yang akan dikeluarkan jika pergi ke tempat tersbut. Mengenai fee ketika masuk, range price makanan dan minuman, atau budget wahana maupun spot lain yang ada disana. Sisa dari uang yang sudah dikeluarkan tabunglah sebisa mungkin di celengan atau dompet khusus untuk menabung. Tujuan awalnya usahakan untuk mengeluarkan uang setengah atau seperempat dari THR yang didapat.

2. Belikan Emas


Cara yang kedua yaitu investasi. Nah investasi ini bisa dilakukan dengan membeli emas. Seumpama THR yang didapat kisaran 200 ribu, belilah emas dengan harga yang sama. Misal membeli cincin atau anting dengan gramasi sebesar 1gr atau kurang. Setidaknya uang lebaran yang kalian dapat disimpan menjadi emas dan bisa dijual kembali ketika sedang memerlukan uang. Cara ini dapat membantu agar uang tidak cepat habis dipakai untuk hal yang kurang penting.

3. Tahan Ego, Nafsu, dan Stay Dirumah Saja


Cara terakhir dalam mengelola keuangan THR adalah dengan berdiam diri saja di rumah. Untuk melakukan ini memerlukan effort yang cukup besar dan harus melawan ego serta hawa nafsu. Mengapa? Karena setelah lebaran biasanya ada banyak ajakan untuk hangout, holiday, atau sekedar makan-makan diluar bersama teman, keluarga, pacar, atau sahabat maupun kerabat. Berat memang karena itu merupakan waktu yang ditunggu-tunggu. Namun tetap saja budget yang akan dikeluarkan pun mempengaruhi hasil THR yang didapat, bukan. Nah dari sini bagaimana caranya kita untuk menekan ego dan nafsu sehingga dapat menolak semua ajakan itu agar lebih dapat berhemat.


Anggun L

Post a Comment

0 Comments