4 Kuliner Majalengka yang Wajib Kamu Coba

 


infomjlk.id - Food vlogger, selebgram, artis, atau siapapun diantaranya pasti senang melakukan kulineran di setiap daerah. Kebanyakan wilayah memiliki ciri khasnya masing-masing. Mulai dari ciri khas bahasa, budaya, maupun makanan. Majalengka salah satu daerah yang ada di Jawa Barat pun memiliki makanan khas nya sendiri. Terdapat beberapa kuliner Majalengka yang dapat dicoba. Kuliner tersebut adalah:

1. Jalakotek


Jalakotek merupakan salah satu kuliner khas Majalengka yang banyak dicari orang ketika mereka datang ke Majalengka. Contohnya ketika aku membawa beberapa temanku yang berasal dari luar daerah, mereka menanyakan salah satu makanan ini. Mereka bertanya apa itu jalakotek dan itu adalah makanan khas Majalengka, bukan. Jalakotek ialah jajanan yang biasa dijual dipinggir jalan dengan bahan seperti cireng namun bentuknya menyerupai pastel. Lalu di dalamnya berisi tahu yang telah dibumbui dan dimasak atau berisi ayam suwir pedas.

2. Oncom Goreng


Selain jalakotek oncom goreng juga menjadi kuliner khas Majalengka yang wajib dicoba. Selain rasanya yang manis, gurih, dan kriuk, oncom goreng juga bisa dimakan dengan nasi, mie ayam, atau bakso sebagai pendamping makanan. Jadi tidak hanyak dijadikan camilan saja. Oncom goreng biasanya dijual di pasar ataupun dijual dengan cara memesannya terlebih dahulu karena makanan satu ini harus diolah.

3. Kalua Jeruk


Kuliner khas Majalengka yang ketiga yaitu kalua jeruk. Nama kalua jeruk mungkin awam bagi kebanyakan orang, tetapi makanan ini cukup enak dan dapat menarik perhatian. Kalua jeruk terbuat dari daging kulit jeruk bali yang dimasak menggunakan gula merah atau gula kawung. Perpaduan kulit jeruk bali dan gula merah membuat rasanya unik, manis sedikit asam, namun bernutrisi. Selain itu tekstur dari makanan ini kenyal seperti jeli dan berwarna warni sehingga terlihat eye-catching.

4. Gula Cakar


Gula cakar juga merupakan salah satu makanan khas lokal Majalengka. Gula ini terbuat dari percampuran gula putih dan soda membetuk kotak persegi dan berwarna merah muda. Gula cakar hanya ada di Majalengka dan dapat digunakan untuk menyeduh teh atau kopi karena gula ini mudah larut.

Anggun L

Post a Comment

0 Comments