3 Dampak Positif dari Berpikir Negatif


infomjlk.id - Berpikir negatif seringkali dianggap hal yang harus dihindari dari diri kita karena dapat mengganggu kesehatan mental, di sisi lain juga banyak orang yang mengatakan agar selalu berpikir positif, apakah dengan berpikir positif hasilnya sudah pasti positif? dan apakah dengan berpikir negatif hasilnya akan selalu negatif?


Ada benarnya dengan berpikir positif maka akan memacu kita untuk berkembang, akan tetapi berpikir negatif bukan berarti kebalikannya. Berpikir positif atau negatif bisa memacu kita untuk berkembang sebagaimana kita merespon pikiran tersebut. 


menurut psikolog Julie Norem, peneliti yang studinya diterbitkan oleh Journal of Personality and Social Psychology, punya pikiran negatif dan pesimis punya manfaat tersendiri untuk mencapai kesuksesan.


Ada beberapa dampak positif dari berpikir negatif berikut ulasannya.. 


                           


1. Lebih Peka Terhadap Bahaya

Ketika kita selalu berpikir positif, kita akan berusaha mencari alasan tertentu untuk membuat perasaan kita tenang dan nyaman, hal ini dapat membuat tingkat kewaspadaan kita menurun. 


Orang yang berpikir negatif akan berpikir kemungkinan kemungkinan buruk yang mungkin saja bisa terjadi, hal tersebut membuat orang ini berpikir bagaimana cara meminimalisir agar kemungkinan kemungkinan buruk itu tidak terjadi. 


2. Lebih Berpikir Realistis

Ketika kita hanya dipenuhi dengan pikiran positif, maka hal tersebut bisa membuat kita hanya ingin berusaha agar selalu berada di dalam zona nyaman. Bahkan mungkin bisa sampai di level yang anda pikir bahwa tidak akan ada hal buruk yang mungkin terjadi di esok hari. 


Jika di imbangi dengan pikiran negatif, anda akan siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi, entah itu kemungkinan negatif atau kemungkinan positif, karena yang ada di pikiran anda, semua kemungkinan dapat terjadi tidak melulu kemungkinan positif yang bisa membuat anda berada dalam zona nyaman. 


3. Mengetahui Batasan

Jika anda berkenalan dengan orang asing dan anda langsung berpikiran positif, mungkin anda akan membuka batasan batasan yang bisa membuat anda bisa saja berada dalam keadaan yang mungkin tidak diinginkan, hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya rasa waspada. 


Jika anda berpikir negatif, anda akan lebih berhati hati dan membuat batasan kepada orang asing tersebut sampai dirasa orang asing tersebut "aman".


Nah, berikut tadi adalah ulasan dari dampak positif dari berpikir negatif, terlepas dari berpikir negatif atau positif yang anda lakukan, hal yang paling penting adalah jangan berlebihan, begitu juga dengan berpikir positif dan berpikir negatif, karena semua kemungkinan berdampak buruk jika dilkukan dengan berlebihan.

Post a Comment

0 Comments