Jauhi "Endogan" dengan Hidup Sehat

infomjlk.id - Sejak dulu saya suka meminum kuning telur dicampur susu jahe dan madu. Hal itu untuk menambah stamina tubuh dan juga menyehatkan badan. Memang kuning telur ayam kampung mentah itu mengandung asam amino triptofan dan tripsin. Keduanya membantu menjaga daya tahan tubuh dan bugar sepanjang waktu. Namun bagi warga mjlk meminum kuning telur tidak sama dengan endogan.

Saat kecil dan polos saya mulai mengenal istilah endogan dari orang-orang yang sudah baligh. Dulu saya berpikir bahwa endogan yang dimaksud adalah menelan “endog" atau telur kuning mentah seperti yang suka saya lakukan saat mau ujian biar otak ga heng. Namun saya salah mengira, ternyata yang dimaksud endogan adalah menelan pil ekstasi yang umumnya berwarna kuning.

Boro-boro menambah bugar tubuh, endogan malah membuat efek yang buruk bagi tubuh. Ekstasi atau yang dikenal obat inex adalah nama umum untuk obat sintesis ilegal. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh National Institute on Drug Abuse menyatakan bahwa penggunaan ekstasi dalam kurun waktu lama dapat menyebabkan penurunan fungsi otak dan kepikunan. Efek pendeknya penggunaan obat ini membuat penggunanya merasa bersemangat namun sekaligus berhalusinasi berlebihan sekaligus kehilangan arah dan waktu. Sehingga sangat berbahaya sekali jika pengguna mengendarai kendaraan karena tidak dapat memperkirakan laju kendaraan.

Penggunaan pil ekstasi ini biasanya dengan cara ditelan langsung, menghirup bentuknya atau bersamaan dengan minuman beralkohol. Makanya istilah endogan ini lebih mengarah pada cara yang ditelan langsung sehingga seperti menelan kuning telur mentah yang dapat susah ditelan karena nyangkut ditenggorokan.

Ekstasi ini termasuk dalam narkotika golongan I Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika karena ekstasi mengandung zat narkotika berupa MDMA (metilendioksimetamfetamina). Jadi mau istilah endogan atau apapun itu kita jangan tertipu. Harus selalu hati-hati dan sayangi tubuh dengan hal yang positif. Sekali dua kali terjerumus bisa keterusan nanti berakhir dijeruji besi. Memang bisnis haram ini punya cuan gede namun bisikan setan memang nikmat dan menjerumuskan.

Alih-alih endogan dengan pil ekstasi yang banyak mudhorotnya lebih baik minum susu jahe ditambah kuning telur yang bisa menyehatkan tubuh. Baraya bisa menemukannya di warung burjo (bubur kacang ijo) atau warkop terdekat. Harganya yang terjangkau tidak menguras kantong baraya.

Radc

Post a Comment

0 Comments