5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Bulan Ramadan

 


infomjlk.id - Olahraga adalah kegiatan yang sangat bermanfaat dan positif untuk semua orang. Selain menyehatkan badan, olahraga juga dapat membantu untuk menyegarkan pikiran dan membuat badan menjadi relax dikala sedang banyak kerjaan atau pikiran. Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi yang melakukannya. Olahraga juga dapat membantu untuk mengecilkan badan, mengurangi resiko timbulnya penyakit, serta menjadikan badan lebih segar dan awet muda. Berolahraga saat puasa bisa dilakukan dengan durasi hingga 30 menit. Tidak perlu terlalu lama agar tidak menguras banyak energi.


Dr. Michael Triangto, SpKO, Sport Medicine Specialist mengatakan walau ada keterbatasan ruang, gerak, dan peralatan, olahraga di rumah harus tetap dilakukan. Begitu pun ketika kita puasa, justru olahraga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu Dosen Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Kunjung Ashadi juga mengatakan bahwa waktu melakukan olahraga dapat dilakukan pada saat sore hari sebelum berbuka puasa atau di malam hari setelah shalat tarawih. Bisa juga dilakukan sebelum waktu sahur. Hanya saja pastikan untuk tidak berolahraga sebelum tidur, harus ada jeda sekita 1 hingga 2 jam sebelum tidur setelah berolahraga. Beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan di bulan ramadan yaitu:


1. Jalan Santai


Salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan ialah jalan santai. Jalan santai bisa dilakukan oleh siapapun. Bahkan bagi mereka yang sudah berumur 40 tahun ke atas juga sangat direkomendasikan untuk melakukan olahraga ini. Jalan santai dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung, otot, dan tulang. Selain itu, olahraga ini ringan dilakukan sehingga tidak menyebabkan dehidrasi akibat keringat yang terlalu banyak keluar. Cocok untuk dilakukan di sore hari.


2. Bersepeda


Kegiatan bersepada dapat dilakukan dengan jarak yang dekat saja. Jangan terlalu jauh dan jangan juga memiliki rute jalan seperti menanjak. Selain membakar kalori dan lemak, kegiatan ini juga dapat mengencangkan otot serta menyehatkan jantung. Selain itu, bersepeda juga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga membantu menghilangkan stres. Kegiatan ini dapat dilakukan di sore hari.


3. Jogging


Selain jalan santai, kalian juga dapat melalukan jogging di sore hari. Biasanya jogging dilakukan oleh mereka yang masih muda. Jogging saat bulan puasa tidak perlu terlalu bertenaga dan berlebihan. Lakukanlah jogging santai dengan durasi dan jarak yang tidak begitu lama serta jauh.


4. Yoga


Olahraga satu ini biasanya banyak dilakukan oleh kalangan wanita. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan bagi pria untuk melakukannya. Yoga bisa dilakukan baik sore, malam, atau menjelang sahur. Karena olahraga satu ini dapat dilakukan di rumah saja. Yoga juga termasuk olahraga ringan yang tidak terlalu menguras energi. Kamu bisa menjaga tubuh tetap segar dan bugar selama berpuasa tanpa mengganggu aktivitas harian. Yoga adalah gerakan yang fokus pada teknik pernapasan berguna untuk meregangkan otot dan membuat otak menjadi rileks. Selain itu, yoga juga dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.


5. Workout Ringan


Olahraga terakhir yang bisa dilakukan di rumah yaitu workout ringan. Workout ini seperti melakukan sit up, push up, back up, plank, squat dan lain sebagainya. Namun cobalah untuk tetap melakukan workout ringan saja agar tidak terlalu menguras energi saat berpuasa. Olahraga ini dapat membantu untuk mengencangkan kembali massa otot.


Anggun L

Post a Comment

0 Comments