Tips Agar Puasa Jalan, Nonton Bola Juga Jalan


infomjlk.id - Halo baraya Info Mjlk, Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang di sukai khalayak ramai, khususnya masyarakat Indonesia. Olahraga asal negeri Britania ini sangat diminati oleh generasi tua maupun muda. Bahkan seringkali di penjuru penjuru daerah selalu diadakan sepakbola tarkam (antar kampung) di beberapa acara peringatan seperti perayaan 17 agustusan, tropeo antar wilayah, maupun turnamen turnamen resmi yang dinangi oleh federasi sepakbola Indonesia (PSSI).


Tidak hanya bagi tim sepakbolanya saja, animo sepakbola sangat kental sekali dengan para supporter militan yang setia mendukung punggawa tim kebanggaannya. Contoh kecilnya adalah supporter Persima Majalengka klub sepakbola asal kota angin yang menyebut dirinya Barama. Mereka selalu setia mengawal dimanapun dan kapanpun tim kebanggaannya berlaga.


Ada juga beberapa orang yang lebih memilih mendukung tim kebanggaannya dibalik layar kaca disela sela kesibukan mereka ataupun hanya sekedar mengisi waktu luang dengan keluaga namun bukan berarti dukungan untuk tim kesayangan tidak tersalurkan. Di beberapa partai pertandingan penting apalagi pertandingan antara tim yang mempunyai rivalitas tinggi banyak supporter yang sengaja membuat agenda nobar (nonton bareng) dengan berbagi macam atribut dari tim kebanggaannya seperti jersey, syal, bendera maupun aksesoris lainnyan mereka pakai untuk memeriahkan acara nobar tersebut.


Namun di bulan ramadhan ini apakah menonton pertandingan sepakbola menjadi sebuah halangan ? di artikel ini saya akan membahas bagaimana tips agar puasa jalan, nonton bolapun jalan.

Mari simak informasi selanjutnya, check it out !


Hal yang harus dipersiapkan bagi supporter yang akan menonton di stadion


Dengan datangnya bulan ramdhan ini , tentu saja kita sebagai muslim mempunyai kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa, namun sebagai supporter yang militan yang selalu mendukung tim kebanggaannya untuntuk berlaga, kita juga harus mempersiapkan stamina kita. Khusus untuk pendukung tim sepakbola tanah air, untungnya regulasi dari federasi sepakbola Indonesia (PSSI) memutuskan untuk menggelar laga di malam hari setelah waktu isya, sehingga ibadah puasa pun bisa dilaksanakan tanpa alasan apapun. Bagi supporter yang away ketika akan mendukung timnya berlaga di kota yang jauh, saran saya untuk mempersiapkan fisik dan tenaga agar diperjalanan nanti tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Baraya bisa meminum multi vitamin saat sahur ataupun memperbanyak porsi sahur . Atau baraya juga bisa memutuskan untuk mengqodho puasanya dilain hari dengan alasan jarak yang sangat jauh asalkan dikemudian hari baraya bisa menggantinya.


Hal yang harus dipersiapkan bagi supporter yang hanya menonton di TV


Sebagai supporter Liverpool, salah satu klub yang penuh sejarah di liga Inggris, saya selalu menyempatkan untuk mendukung tim kebanggaan saya melalui televisi maupun via streaming di internet. Bagi baraya yang menjadi supporter dari berbagai liga di Eropa, baraya tidak perlu khawatir. Liga Indonesia maupun  liga Eropa seperti liga Premier Inggris, liga Italia, liga Prancis, liga Spanyol dan liga Jerman selalu memulai pertandingannya mulai dari  malam hari sampai dini hari dalam waktu Indonesia Barat (WIB). Hal ini tentu menjadi anugrah untuk supporter layar kaca, karena baraya bisa menyaksikan laga laga tersebut tanpa harus mengkhawatrirkan ibadah puasa baraya. Bahkan baraya bisa menyaksikan laga laga tim kebanggaan baraya sabmbil menunggu waktu untuk sanyap sahur. Baraya hanya perlu menyiapkan atribut tim kebanggan baraya dan mendukungnya didepan layar TV dengan ditemani secangkir kopi, kacang sangrai, maupun gorengan sisa berbuka tadi.

Sekian informasi tips agar puasa jalan, nonton bola juga jalan yang bisa saya bagikan, semoga beragam informasi ini bisa bermanfaat untuk baraya Info MJLK semua ya. Nantikan kembali pembahasan info menarik seputar bulan Ramadhan serta tips and trik yang akan saya bagikan ya, see you next time !


Irfan Kurnia Padllul Rohman

Post a Comment

0 Comments