4 Rekomendasi Menu Takjil Yang Bisa Baraya Buat Di rumah


Infomjlk.id - Saat bulan ramadhan semua umat muslim di dunia diwajibkan untuk berpuasa dengan menahan lapar, haus dan semua hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Saat menjelang maghrib untuk menunggu buka puasa, baraya biasanya mempersiapkan menu takjil untuk menjadi jamuan berbuka nanti. Lalu sebenarnya apa sih arti dari takjil itu? Kali ini saya akan berbagi informasi tentang arti takjil dan rekomendasi menu takjil yang menggugah selera dan dapat dibuat sendiri di rumah. 

Asal kata takjil

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata takjil memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa. Kata ini berakar dari kata 'ajila dalam bahasa Arab yang memiliki arti menyegerakan, sehingga takjil bermakna perintah untuk menyegerakan untuk berbuka puasa.

seiring berjalannya waktu, kata takjil justru dimaknai sebagai makanan pembuka saat berbuka. Anjuran untuk menyegerakan berbuka puasa sangat dianjurkan dalam Islam, sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.


Rekomendasi Menu Takjil

1. Es Goyobod 

Baraya tahu es goyobod ? Ya benar, es goyobod merupkan salahsatu es khas sunda yang mempunyai keunikan dan rasa yang enak. Es goyobod merupakan sajian minuman berbahan dasar santan. Di dalamnya berisikan potongan puding dengan bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan tape singkong, roti tawar, dan biji pacar cina. Es ini juga bisa dibuat dirumah loh karena bahan dasarnya yang sederhana.

2. Alpukat Kocok

Mungkin baraya sudah tahu Alpukat kocok, ya hidangan manis ini bisa  dibuat tanpa kompor dan mikser, baraya bisa menyajikan takjil buka puasa enak dan menyegarkan dengan membuat alpukat kocok sendiri dirumah. Alpukat cukup dihancurkan manual menggunakan sendok, lalu bisa langsung mencampurnya dengan kental manis, simple syrup, dan es serut. Baraya juga bisa menambahkan toping sesuka hati.

3. Es Kepal Milo

Baraya masih ingat dengan es yang sempat viral pada tahun 2018 dulu? Ya Es Kepal Milo mungkin bisa menjadi salah satu menu takjil yang saya rekomendasikan karena cara pembuatan dan bahan bahannya yang mudah ditemukan. Es kepal milo hanya berbahan dasar es serut yang diberi semacam fla milo, kemudian ditaburi dengan topping pilihan sesuka hati seperti susu kental manis, ceres, taburan kacang dan lainnya.

4. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo merupakan makanan khas makasar yang berisikan potongan pisang dibalut dengan adonan tepung hijau dan disajikan dengan bubur sumsum, santan, sirup dan es serut. Baraya juga bisa dengan mudah membuatnya dirumah.

Sekian informasi rekomendasi menu takjil yang bisa saya bagikan, semoga beragam informasi ini bisa bermanfaat untuk baraya Info MJLK semua ya. Nantikan kembali pembahasan menarik tentang rekomendasi menarik serta tips and trik yang akan saya bagikan ya.

Irfan Kurnia Padllul Rohman

Post a Comment

0 Comments