Cara Agar Tubuh Tetap Fit Ketika Berpuasa


Bagaimana puasa pertamanya Baraya infomjlk? Semoga kuat sampai tamat yaa. Oh ya, agar tubuh kita tetap fot saat berpuasa, Baraya dapat melakukan beberapa cara yang sering aku lakukan selama berpuasa di bulan Ramadhan. Berikut Cara Agar tubuh tetap Fit ketika berpuasa:


1. Makan Secukupnya 

Makan saat berbuka dan saat sahur tentu harus diperhatikan. Baraya pasti sering makan sesuai kemauan tanpa memperhatikan asupan yang dibutuhkan tubuh ketika berbuka setelah berpuasa. Misalnya, makan terlalu banyak saat berbuka karena tergoda dengan makanan-makanan yang ada. Apalagi ditambah makanan hasil ngabuburit. Hal tersebut akan mengakibatkan "Kalap" atau dalam Bahasa Sundanya "Kamerkaan" sehingga membuat perut begah dan juga kembung. Dengan makan secara berlebihan dampak ke dalam tubuh itu sangat buruk.  Oleh karena itu, makanlah secukupnya. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. 


2. Minum Sesuai Kebutuhan

Ketika Berbuka utamakan dengan yang manis, tapi jangan lupa juga utamakan minum dulu yaa Baraya. Agar tubuh tetap terjaga selama berpuasa dan tidak merasa haus ketika menjalani aktivitas, menjaga asupan air ke dalam tubuh juga harus diutamakan. 

Cairan yang dibutuhkan oleh tubuh setiap orang berbeda-beda. Untuk orang dewasa disarankan dapat mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari. Untuk takaran tersebut dapat dibagi-bagi dan tidak harus sekali minum langsung 8 gelas yaa. Caranya, 2 gelas ketika berbuka, 2 gelas ketika akan sholat tarawih, 2 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas ketika sahur. Maka penuhi kebutuhan tubuhmu sesuai takarannya agar tubuh tetap Fit ketika berpuasa. 


3. Tidur yang Cukup 

Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan tubuh kita mudah lesu sehingga akan berdampak. Misalnya, ketika sahur yang mengharuskan kita untuk bangun lebih awal membuat waktu tidur kita berkurang karena begadang. Bukan hanya ketika akan berpuasa saja, mengatur pola tidur sangat penting demi menjaga kesehatan tubuh. 


4. Kurangi Makanan Berminyak

Baraya pasti tidak bisa jauh dari makanan berminyak. Seperti Bala-bala dan teman-temannya pasti ada ketika berbuka. Boleh saja, tetapi jangan berlebihan. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak akan menyebabkan mengantuk pada siang hari, tubuh kekeringan atau sering merasa haus. Sebaiknya perbanyak makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur. 


4 Cara diatas dapat membantu Baraya menjaga tubuh agar tetap Fit selama berpuasa. Selamat berpuasa, Semoga sehat selalu. Aamiin...


Rahmi R. Fadlan

Post a Comment

0 Comments