Makna dan Sejarah Valentine



infomjlk.id  - Halo baraya infoMJLK, hari Valentine merupakan salah satu hari yang selalu dirayakan oleh seluruh dunia khusunya di Indonesia maupun di Majalengka.

Hari Valentine bertepatan pada setiap tanggal 14 Februari dan merupakan hari yang identik dengan kasih sayang. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari penuh kasih ini, ada yang merayakannya dengan meluangkan waktu untuk quality time bersama pasangan, saling bertukar hadiah,  memberikan cokelat ke pasangan, jalan jalan dengan pasangan, atau sahabat InfoMJLK juga bisa mengajak pasangannya ke sudut sudut indah di Kabupaten Majalengka juga loh.


Bagi sebagian besar gen z , hari kasih sayang atau valentine menjadi hari yang tepat untuk mengekspresikan jiwa muda mereka seperti mengungkapkan perasaan, memilih pasangan, atau melakukan ritual romantis bersama dan lain sebagainya. 


Namun sebelumnya sahabat Info MJLK sudah tahu belum nih sejarah mengapa tanggal 14 Februari diperingati menjadi hari valentine ? mari kita simak informasi yang akan mimin share ya check it out.


Sejarah hari valentine


Versi St. Valentine Dan Claudius II

Dahulu kala ada  seorang pendeta dari Roma bernama Valentine yang memiliki akhir tragis dalam hidupnya. Hidupnya harus diakhiri karena dia dianggap menentang Kaisar Claudius II dan dieksekusi dengan cara dipukuli dan berakhir dipancung pada tanggal 14 Februari 278 Masehi.


Awal dari kejadian penghukuman Pendeta Valentine adalah ketika Kaisar Claudius II menginginkan bangsa Roma selalu menang dalam peperangan berdarah, sang Kaisar pun harus mengumpulkan tentara yang kuat dan siap untuk berkorban demi Kekaisaran Roma dan dirinya. Namun hal tersebut sepertinya sulit terealisasi, bala tentaranya banyak yang enggan untuk terjun ke medan perang karena terikat pada istri dan kekasih mereka. Pada akhirnya Kaisar Claudius yang terkenal kejam dan otoriter membuat suatu kebijakan yang harus di patuhi oleh bala tentaranya, Kaisar Claudius II melarang semua bentuk pernikahan serta pertunangan di wilayah Kekaisaran Roma saat mendekati hari peperangan tersebut.


Namun Pendeta Valentine menentang kebijakan tersebut karena ia merasa terlalu berlebihan. Pendeta Valentine pun secara diam-diam menikahkan pasangan muda. Dan pada akhirnya kegiatan pernikahan tersebut diketahui oleh Kaisar Claudius II. Pendeta Valentine pun segera ditahan dan mendapatkan hukuman yang kejam. Tubuhnya dipukuli secara membabi buta bahkan ia diberikan hukuman pancung pada saat itu. Hari dimana Pendeta Claudius II dihukumpun di peringati sebagai hari Valentine untuk mengenang peristiwa pada tanggal 14 Februari tersebut.


Sebelum hari penghukuman Pendeta Valentine, ia meninggalkan sebuah catatan perpisahan untuk puteri penjaga penjara yang menjadi temannya semasa masa penahanan. Catatan itu berjudul “From Your Valentine”  banyak meginspirasi dan menjadi populer sehingga legenda ini lebih banyak dipercaya oleh khalayak ramai. Atas jasanya Pendeta Valentine dinobatkan sebagai orang suci hingga disebut Santo Valentine.


Ada beberapa sejarah yang dianggap menjadi awal mula peringatan hari Valentine ini, namun terlepas dari banyaknya legenda dan sejarah perayaan mengenai hari kasih sayang ini. Kita tentu tidak bisa menebak kisah mana yang paling dianggap benar atau sejarah asal mulanya.

Setiap orang pasti mempunyai pandangan yang berbeda tentang hari kasih sayang ini dan juga cara mereka merayakannya. Apakah hanya tanggal 14 Februari saja?


Baraya infoMJLK bisa menebarkan kasih dan sayang dimanapun, kapanpun dan pada siapapun. Jadi tidak harus hanya pada hari Valengtine saja ya. Lalu apa rencana sahabat InfoMJLK untuk merayakan hari Valentine di tahun ini dan bagaimana pandangan kalian terhadap hari Valentine?


Irfan Kurnia




Post a Comment

0 Comments