Desa Nunuk Baru dan Kearifan Lokal Di Dalamnya


infomjlk.id - Halo baraya infoMJLK, baraya pernah dengar desa Nunuk Baru? desa yang terletak di kecamatan Maja kabupaten Majalengka ini punya beragam keunikan loh. Desa Nunuk Baru juga termasuk desa buhun, atau disebut dengan desa yang sudah ada sebelum berdirinya kabupaten Majalengka. Penasaran apa saja yang ada di desa Nunuk Baru? mari simak info menarik selanjutnya.

 

DESA NUNUK BARU ITU, ADA DIMANA SIH?


Barangkali ada beberapa baraya yang sudah tahu ataupun tidak asing dengan desa Nunuk ini. Kondisi fisik Geografis Desa Nunuk Baru Kecamatan Maja, terletak di sebelah Barat Ibu Kota Kecamatan Maja dengan jarak 15 KM dan sebelah Selatan Ibu Kota Kabupaten Majalengka dengan jarak 8 KM, secara Geografis luas wilayah Desa Nunuk Baru 2.100 Ha. Dengan ketinggian 450 – 560 M diatas permukaan laut (DPL) sehingga Udara di Desa Nunuk Baru cukup Panas. Desa Nunuk berada di hulu DAS Cimanuk, dengan Morfologi dari Desa Nunuk adalah Dataran dan Perbukitan. Karakter Batuan di Desa Nunuk adalah tanah berpasir dan tanah liat, serta tata guna lahannya dominasi oleh Perkebunan/ Ladang (Perbukitan), sawah/Sungai (Tengah), pertanian lahan kering (Jagung). Potensi sumber dayanya adalah Tenun dan Gula Kawung.

 

ASAL MULA MENGAPA DINAMAKAN DESA NUNUK


Desa Nunuk merupakan Desa tertua/Buhun bahkan sebelum berdirinya Kabupaten Majalengka Nunuk Sudah Ada, sementara kata Nunuk sendiri berasal dari kata “Camuuk” yang berarti diam (Sumber: Abah Anta). Sejak tahun 1471 nunuk merupakan sebuah desa yang besar yang terdiri dari Sembilan kampung yaitu : Nunuk, Babakan, Cirelek, Kadut, Citayeum, Cinangka, Cikawoan, Lengkong dan Sanding (untuk Kampung Sanding yang ada sekarang hanya tinggal Pemakaman dan Kabuyutan saja) yang menjabat Kuwu sampai tahun 1951 sebanyak 20 orang dengan masa jabatan pareatif bahkan ada yang seumur hidupnya menjadi kuwu yaitu Kuwu Tineung Ringgeung (Lokasi : Makam Eyang). 



Berdasarkan hal diatas Desa Nunuk Baru memiliki kekayaan tradisi, adat dan seni Budaya Buhun yang masih dipertahankan oleh masyarakatnya, ini tentunya harus tetap dilestarikan dan dipelihara oleh generasi muda sekarang bahkan mungkin bisa dikembangkan sebagai warisan Budaya khusunya di Majalengka Umumnya di negara kesatuan Republik Indonesia.

 

ASET KEBUDAYAAN, TRADISI, DAN EKRAF DI DESA NUNUK BARU


Baraya info MJLK sudah tahu belum kalau desa Nunuk memiliki banyak aset kebudayaan dan tradisi yang menjadi kearifan lokal serta masih dilestarikan hingga sekarang loh. Diataranya tenun gadod, boeh larang kapas dan produk pertanian salah satunya jagung pipil yang sekarang menyuplai sebagian besar wilayah majalengka untuk dijadikan olahan baru. semuanya menjadi salah satu giat ekonomi kreatif yang menjadi andalan desa Nunuk dan juga ada wisata adat dan budaya seperti silat buhun.

 

KAIN TENUN GADOD


Di desa Nunuk ada salah satu kerajinan tangan yang masih dilestarikan sampai sekarang, yaitu kain tenun gadod. Sekilas tenun gadod adalah salah satu cikal bakal kain yang sekarang di pake saat ini, hanya pengolahanya saja secara tradisional dan  menjadi salah satu budaya turun temurun yang hampir punah. Saat ini bila dikembangkan bisa jadi souvenir atau ikon majalengka.

Sekian informasi yang mimin sampaikan terkait desa Nunuk Baru, ternyata banyak juga ya kerajinan dan budaya yang masih dilestarikan sampai sekarang. Nantikan informasi menarik tentang desa desa di kabupaten Majalengka ya. See you next time.

 

IRFAN KURNIA

 

 

 

 

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments