Leuwilaja Melakukan Simulasi Desa Eduwisata



Infomjlk - Dikenal sebagai desa sentra rotan, Leuwilaja telah menghadapi banyak tantangan di beberapa tahun terakhir. Baik Pandemi Covid-19 maupun konflik global lainnya telah memberikan dampak besar pada penurunan penjualan rotan dan pendapatan masyarakat desa secara keseluruhan. Mencoba bangkit dari hal tersebut, warga desa beserta mahasiswa UGM yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di desa Leuwilaja, menyatukan ide dan pikirannya untuk merealisasikan Eduwisata di Leuwilaja melalui potensi ekonomi kreatif andalannya yakni anyaman rotan. Dalam jangka panjang, manfaat Eduwisata ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas di desa tidak hanya untuk industri rotan, namun dalam segala bidang lainnya sehingga masyarakat dapat merasakan dampaknya secara langsung yaitu untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Pada hari Sabtu, 28 Januari 2023 pukul 10.00 hingga 15.00 WIB telah dilaksanakan simulasi kegiatan Eduwisata di desa Leuwilaja, Kecamatan Sindangwangi dengan peserta sejumlah 20 orang. Simulasi tersebut diisi oleh berbagai aktivitas mulai dari pemaparan sejarah dan pengenalan terhadap desa Leuwilaja, asal muasal industri rotan di desa Leuwilaja, penjelasan mengenai teknik dan bahan anyaman, dan kemudian ditutup dengan menganyam berbagai macam produk-produk rotan yang dipandu oleh beberapa penganyam dari KarVala, komunitas rotan di Leuwilaja. Melihat antusiasme para peserta, simulasi eduwisata ini berjalan dengan sangat sukses. Namun sayangnya ada beberapa kegiatan yang tidak dapat terlaksana karena kendala cuaca. 




Rencana kedepannya, eduwisata ini juga akan diisi oleh rangkaian kegiatan yang akan menelusuri proses pembuatan rotan dari awal hingga akhir; pencelupan, pengeringan, pemotongan, hingga bertemu langsung dengan para penganyam rotan. Sebagai salah satu pelaksana dari acara ini, mahasiswa KKN UGM memiliki harapan tinggi bahwa simulasi Eduwisata dapat menjadi pijakan baru bagi masyarakat desa untuk memanfaatkan kreativitas dan inovasi sebagai salah satu gerbang utama penguatan ekonomi di desa Leuwilaja.


Sabrina Aiko Wirasakti

Post a Comment

0 Comments