Kamu Nggak Akan Menyangka, 9 Hal Ini Ada di Desa Pasiripis




Infomjlk.id — Akhirnya  sampai ke Desa Pasiripis setelah beberapa kali tersesat dan bertanya pada orang di jalan. Buat beberapa baraya mungkin nggak pernah dengar nama Pasiripis, sebab memang letaknya yang bukan berada di pinggir jalan (Kadipaten-Jatitujuh), nah pasti kamu nggak akan menyangka bahwa 9 hal ini ada di Desa Pasiripis.

 

1. Kampung Bejing

Hal pertama yang melekat di kepala kami tentang Pasiripis adalah; Kampung Bejing, Pasiripis menjadi desa pertama di Majalengka yang memiliki kawasan peternakan khusus. Di Pasiripis bahkan domba melebihi jumlah penduduk yang ada. Menurut data yang kami himpun, jumlah domba di sini nyaris menginjak angka 10.000, yang dibagi oleh 70 peternak. 


2. Ketapel

Ketapel menjadi sesuatu yang pernah lekat dan menjadi romantisme masa lalu pada kehidupan orang-orang Pasiripis yang sebagian besarnya adalah peternak, alat ini berguna untuk berburu hewan kecil, dan bisa pula digunakan peternak untuk menjaga hewan ternak saat mengembala, memang sejak zaman purba ketapel dan penggembala adalah sesuatu yang berkaitan.


3. Wakub

Pasiripis punya tokoh juga loh, dan dia sedang menjabat sebagai wakil Bupati. Siapa lagi kalau bukan Pak Tarsono DM. Ada hal uniknya, warga Pasiripis biasanya memanggil beliau dengan sebutan “Wakup,” “Wakub,” bahkan kadang ada yang nyebut “Yakub”. Menyebut “Wabup” susah kali ya, jadi ya biar gampang aja gitu. Oh ya, Kades saat ini adalah Bu Siti Mulyawati yang juga merupakan istri dari Pak Tarsono DM.


4. Gunung Krangkeng

Orang Pasiripis percaya bahwa pernah ada gunung besar di sini yang eksis di masa lalu, mereka menyebut itu sebagai Gunung Kerangkeng. Banyak mitos dan mistis di Pasiripis yang bermuara dari Gunung Krangkeng. Orang Pasiripis percaya nenek moyang dan awal peradaban di Pasiripis berawal dari Gunung Krangkeng.


5. Singa Dangdut

Nyambung dari Gunung Kerangkeng, kami teringat dengan Putra Giri Kerangkeng, kelompok Singa Dangdut pimpinan Pak Dadang Juhanda atau yang akrab disapa Pak Andul. Pak Andul bersama kelompoknya telah berdiri 7 tahun dan manggung di berbagai tempat di wilayah 3 Cirebon.


6. Ada Nenek yang Bisa Angkat Motor

Di Pasiripis ada seorang nenek berusia lebih dari 60 tahun yang bisa mengangkat motor loh, adalah Mak Uwes, dia sering tampil di berbagai acara bahkan sempat diundang oleh stasiun TV nasional. Mak Uwes biasanya dipanggil. Atraksi semacam debus.


7. Lukisan di kulit domba

Huh melukis di kulit domba? emang bisa? di Pasiripis mah bisa, di tangan Toto Nurmanto kulit domba bisa menjadi canvas untuk sebuah tulisan. Toto sudah menekuni dunia ini lebih dari sepuluh tahun, selain lukisan ia juga bisa membuat gantungan kunci, gendang, bahkan gelar dari tanduk domba. Ini juga bakal menjadi keren jika saja terintegrasi dengan Kampung Bejing, orang-orang yang mengunjungi bisa langsung membeli merchendise domba.



 

Nah, ini dia 9 hal yang ada di desa Pasiripis, bisa nambahin nggak?


Post a Comment

0 Comments