Refleksi HUT-RI: 17 Agustus 2022 Pasca Pandemi Covid-19

 


    Kemerdekaan Republik Indonesia sejarah perjalanan menuju gerbang kemerdekaan yang diperjuangankan oleh para pahlawan dalam melawan penjajah.  Dalam dua tahun kebelakang Negeri tercinta Indonesia harus melewati tantangan wabah covid-19 dengan berbagai perubahan aktivitas sosial dan ekonomi. 

Namun berkat kesabaran dari masyarakat Indonesia dan segala upaya pemerintah dalam melakukan percepatan penanganan memutus rantai covid-19, hari ini tepatnya bulan Agustus tahun 2022 bangsa Indonesia bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Perlawanan bertahan hidup dalam melawan wabah virus covid-19 merupakan suatu perjuangan yang sangat hebat dan bermakna, banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan sehari-hari seperti, sekolah yang diiliburkan (belajar daring/dirumah).

Pembatasan sosial berskala besar, pemberhentian kontrak kerja buruh yang lumayan banyak sehinga berdampak pada kehilahangan mata pencaharian para buruh dan juga mengakibatkan menurunnya perekonmian keluarga maupun daerah dan bangsa Indonesia tidak bisa memperingati momen penting setahun sekali yaitu peringatan HUT-RI sebagai bentuk rasa syukur dan menghargai jasa para pahalawan Indonesia.

Berbeda dengan dua tahun silam, hari ini Republik Indonesia bisa merasakan kembali kemerdekaanya baik dari wabah virus covid-19 maupun dari terbelenggu penjajah.  Setelah berjuang bersama melawan Virus covid 19 selama dua tahun kita semua merasakan kemerdekaan dalam kebebasan kegiatan serta melaksanakan vaksin covid-19. Sehingga Indonesia menyatakan "masker boleh di buka" sekolah tatap muka, bekerja dan berpergian tidak dilarang. 

Garda terdepan kita  saat melawan wabah virus covid 19 adalah nakes dan para relawan covid-19 serta seluruh masyarakat indonesia.  Indonesia merasakan tumpah air mata selama pandemi virus covid 19 kini indonesia merasakan senyuman luar biasa.. atas kemerdekaanya melawan wabah virus covid 19. 

Dalam menyambut kemerdekaan ke-77 tahun  mari kita songsong hari depan kemerdekaan dengan  :Rasa Syukur" rasa mensyukuri wujud syukur kita kepada tuhan yang maha esa atas karunianya kita dapat menikmati kemerdekaan yang telah di perjuangkan para pahlawan. Selain itu juga marilah kita bersama-sama untuk terus meningkatkan jiwa nasionalisme kita sebagai bangsa Indonesia dengan bergotong royong dalam segala aktivitas kita sehari-hari, karena gotong royong merupakan misi dari cita-cita kemerdekan seperti yang tertuang dalam naskah UUD 1945 dan Pancasila.

Dirgahayu Indonesia
Indonesia Tangguh 
Indonesia Jaya

Oleh Intan Damayanti


Post a Comment

0 Comments