Persiapkan Landasan Kerjasama Desa dengan BJB, Bappedalitbang Menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan Desa, BJB, DPMD, Disparbud, DPMPTSP


Infomjlk.id – Kamis 23 Juni 2022, Bappedalitbang Kabupaten Majalengka mengundang 21 desa dalam rangka mempersiapkan landasan kerjasama dengan pihak ketiga dalam bentuk Kegiatan Pengembangan Potensi dan Koordinasi Tematik Kewilayahan.

Desa-desa yang diundang adalah 12 Desa Tematik Kreatif yang sudah terpilih sejak tahun lalu yaitu; Kelurahan Cicenang, Desa Pasiripis, Desa Putridalem, Desa Jatisura, Desa Nunuk Baru, Desa Cimuncang, Desa Cisambeng, Desa Payung, Desa Leuwilaja, Desa Nanggerang, Desa Payung, dan Desa Rajagaluh Kidul. Ditambah 8 tematik lainnya, Desa Wisata dan Desa Mandiri, diantaranya: Desa Rajagaluh Lor, Desa Bantaragung, Desa Bantarujeg, Desa Argamukti, Desa Ciinjuk, Desa Sunia, Desa Argasari, Desa Pagandon, dan Desa Sukasari Kaler.

Adapun pihak ketiga kali ini yang diundang adalah Bank Jabar Banten. Bank BJB dan desa-desa dipertemukan untuk menjajagi bentuk kerjasama yang dapat dilakukan, saling menguntungkan, dan dapat kesejahteraan warga desa yang sudah disebutkan di atas.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bappedalitbang menyampaikan harapan bahwa desa-desa yang diundang dapat menjadi proyek percontohan dalam melakukan kerjasama dengan pihak lain bukan saja dalam permodalan tetapi juga dalam inovasi dan pemasaran

Kepala Bidang Perekonomian dan SDA pada kesempatan yang sama berpesan bahwa desa harus membuat studi kelayakan agar kerjasama berjalan baik. Sebagai gambaran, Desa Argamukti selama ini membutuhkan 100 ton benih kentang dengan harga kisaran Rp 80 ribu. Seluruh benih dibeli dari luar. Apabila desa dengan bantuan teknis dan permodalan dapat menyediakan bibit maka selain menghilangkan ketergantungan juga dapat meningkatkan pendapatan petani pembibitan. Hal ini sudah dilakukan Desa Wanasalam untuk benih padi.

Post a Comment

0 Comments