Kalah dari Persija, Robert Singgung Waktu Rehat Jadi Pembeda



InfoMJLK.Id — Persib Bandung keluar sebagai pecundang dalam leg pertama final Piala Menpora. Bermain di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (22/4/2021), Maung Bandung keok 0-2 dari Persija Jakarta. 


Duo gol cepat Macan Kemayoran yang dicetak oleh Braif Fatari dan Taufik Hidayat membuat permainan Persib sepanjang babak pertama monoton. Permainan bola panjang yang diterapkan Persib tak mampu memberikan teror ke lini pertahanan Persija. 


Memasuki babak kedua, Persib mengubah gaya bermain. Hal itu terlihat dari banyaknya pergantian pemain yang dilakukan. Oke, aliran bola-bola pendek dari lini belakang ke lini depan semakin lancar. Peluang-peluang pun dapat diciptakan. Namun, tak ada yang berbuah gol. 


Pelatih Persib Robert Alberts menyatakan, faktor kebugaran menjadi salah satu pembeda dalam laga tersebut. Dalam turnamen pramusim dengan jadwal padat, waktu pemulihan pemain bisa menjadi hal krusial. 


Untuk aspek tersebut, Persib baru merampungkan leg kedua semifinal melawan PSS Sleman pada Senin (20/4/2021). Adapun, Persija mengalahkan PSM Makassar 24 jam sebelumnya sehingga durasi rehat pasukan Sudirman lebih banyak menjelang final. 


"Satu-satunya alasan adalah karena mereka memiliki waktu istirahat satu hari lebih ketimbang kami. Itu sangat penting di level seperti ini," kata Robert sebagaimana mengutip situs resmi Persib.


Robert pun menuturkan, permainan cepat dan agresif Persija di awal-awal pertandingan mampu memberikan efek kejut bagi skuatnya. 


"Saya pikir, Persija layak meraih kemenangan hari ini. Mereka mulai dengan sangat cepat dan agresif dan kami nampak belum siap. Setelah itu, kami berjuang dengan segala cara untuk bermain secara normal," ucapnya.


Mengejar defisit dua gol tentu bukan perkara mudah bagi Persib pada leg kedua final Piala Menpora di Stadion Manahan Solo, Minggu (25/4/2021).  Meski begitu, Robert tetap optimistis kans Persib untuk menjadi juara turnamen pramusim tersebut masih terbuka lebar. 


"Saya tetap menantikan laga selanjutnya untuk mengejar ketertinggalan dua gol itu," kata Robert. 


Hal senada dikatakan penyerang Persib Ezra Walian. Menurutnya, permainan Persib di awal pertandingan tidak bagus-bagus amat. Tapi, ia yakin Persib dapat membalikkan keadaan di leg kedua. 


"Kami memang tidak mengawali pertandingan ini dengan baik. Karena itu kami perlu berjuang lebih keras pada laga kedua nanti. Kami harus menunjukkan bahwa kami bisa bermain lebih baik dan berjuang bersama-sama. Itu yang tidak dilakukan di laga ini," kata Ezra. 

Post a Comment

0 Comments