Kecamatan Argapura Jadi Kawasan Pertama Penerapan Program Desa Digital

 InfoMJLK.id — Kecamatan Argapura, di Kabupaten Majalengka menjadi kawasan pertama penerapan program “Desa Digital”. 


Nantinya, di wilayah tersebut akan dibangun tower besar yang mampu menjangkau 14 desa di kecamatan Argapura. 


Saat ini, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Majalengka pun tengah menyiapkan beberapa kebutuhan dalam membangun tower besar tersebut.


Dilansir dari @Detikcom, Kepala Diskominfo Majalengka Gatot Sulaeman mengatakan pembangunan tower tersebut merupakan bantuan dari Pemprov Jabar. 


“Argapura dijadikan kawasan desa digital, ada 14 desa disana yang jadi desa digital. Disana nanti akan dibangun tower dan disediakan bandwidth di satu kawasan itu untuk koneksi," kata Gatot, Kamis (18/3/2021).


Lebih lanjut dirinya pun menjelaskan bahwa nanti di tiap desa diharuskan menyediakan repeater masing-masing untuk menangkap sinyal. Diskominfo Kabupaten Majalengka sendiri juga akan membantu penyediaan website desa.


"Di Argapura ditempatkan di satu titik towernya, baru di 14 desa membangun tower kecil atau repeater untuk menangkap sinyal itu dan selama 1 tahun bandwith gratis baru selanjutnya diserahkan ke badan usaha," ucap Gatot.


Menurutnya, saat ini pencanangan Kecamatan Argapura menjadi kawasan desa digital masih dalam tahap persiapan. Pencanangan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi masalah blank spot di Majalengka.


Kecamatan Argapura dipilih untuk menjadi kawasan desa digital lantaran kecamatan tersebut sudah dikenal sebagai tujuan destinasi wisata. Sehingga sangat diperlukan koneksi internet sebagai penunjang pengembangan wisata disana.


"Salah satu alasan kenapa Argapura karena disana sektor wisata itu sudah dikenal oleh masyarakat luas hingga luar daerah, sementara disana masih sulit sinyal," ujar Gatot.


Diharapkan dengan kawasan desa digital itu mampu mempermudah pelayanan pemerintah desa dan yang utama mempermudah kehidupan masyarakat Majalengka di desa. 


"Bagaimana pelayanan pemerintah itu bisa memanfaatkan teknologi dan teknologi juga bisa membantu dan mempermudah kehidupan masyarakat," tutur Gatot.



Sumber : Detik.com 


Post a Comment

0 Comments